KKP akan merilis strain patin unggulan

id patin

KKP akan merilis strain patin unggulan

Ilustrasi budi daya ikan patin (antaranews.com)

Subang (Antaranews Jogja) - Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Balai  Riset  Pemuliaan  Ikan  (BRPI) Sukamandi, tahun ini akan merilis satu strain ikan patin unggulan yang diberi nama "Perkasa" singkatan dari patin super karya anak bangsa.

"Strain baru ikan patin ini menjawab kebutuhan peternak akan benih yang unggul dari sisi pertumbuhan dan daya tahan atas penyakit aeromonas hidropila," kata Kepala BRPI Sukamandi Dr Imron SPi MSi di Subang, Jawa Barat, Selasa.

Ia menjelaskan, hasil uji pertumbuhan patin perkasa rata-rata hasil bobot panen di usia 8 bulan, lebih berat  40 persen lebih dibanding patin lokal.

"Uji coba dilakukan di Lampung, Sukamandi, Waduk Darma Kuningan dan Tulungagung. Strain ini tinggal menunggu SK dari Kementerian Kelautam dan Perikanan," katanya.

Menurut Imron, strain baru itu didahului dengan seleksi patin siam unggul cepat, koleksi BRPI selama 10 tahun terakhir. Kegiatan  seleksi  diawali  dengan  pembentukan populasi dasar (F0) yang diperoleh melalui persilangan ikan  patin  siam  koleksi  yang  ada  di  BRPI.
  
Menurut Jatmiko, peneliti BRPI, saat  ini kegiatan  seleksi  telah  menghasilkan  ikan  patin  siam generasi kedua (F2). Ikan patin siam generasi pertama (F1) memiliki nilai respon seleksi  20,91 persen dan generasi kedua  menghasilkan  nilai  respon  seleksi  sebesar 17,95 persen, sehingga akumulasi nilai respon seleksi pada dua  generasi  sebesar  38,86 persen.

Dengan  nilai  respon seleksi  yang  relatif  besar  diharapkan  ikan  patin  siam generasi kedua memiliki performa pertumbuhan lebih baik  dibandingkan  dengan  ikan  patin  siam  dari hasil pembenihan di peternak ikan.

Imron berharap jenis patin unggul baru ini diharapkan mampu  mendongkrak  produksi  ikan  patin  nasional untuk  pemenuhan  kebutuhan  domestik  dan  ekspor fillet ikan patin dunia.

Saat  ini  80 persen  pangsa  pasar  ikan  patin  di    dunia dikuasai oleh Vietnam, namun Indonesia dengan sumber daya yang  melimpah  akan  mampu  bersaing  dalam rangka  pemenuhan  pangsa  pasar  patin dunia.

Sebelumnya BRPI Sukamandi juga merilis strain ikan unggulan lain yaitu nila srikandi, lele mutiara, mas mustika dan udang galah GI macro II.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024