Legislator: semangat Trisakti perlu terus digelorakan

id eko suwanto

Legislator: semangat Trisakti perlu terus digelorakan

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto (Istimewa)

Yogyakarta (Antaranews Jogja) - Semangat Trisakti perlu terus digelorakan untuk menuju Indonesia yang sejahtera, adil, dan makmur, kata Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Eko Suwanto.
     
"Untuk membawa Indonesia menuju negara yang sejahtera, adil, dan makmur sesuai amanat konstitusi UUD 1945 dan Pancasila, kita harus merujuk semangat Trisakti yakni berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan," katanya di Yogyakarta, Minggu.
     
Pada Refleksi 20 Tahun Reformasi dan Peringatan Kebangkitan Nasional, Eko mengatakan semangat Trisakti seperti yang pernah disampaikan oleh Bung Karno rasanya pas disuarakan lagi. Perjuangan kebangsaan itu harus terus digelorakan.
     
"Rakyat harus bangkit, bersatu padu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta melawan segala bentuk terorisme. Percayalah kita bangsa yang kuat hadapi segala ancaman dan tantangan menggapai cita-cita mulia," katanya.
     
Eko menengarai ada gelagat dari pihak tertentu yang oleh karena dibutakan napsu angkara murkanya justru membajak demokrasi yang berjalan dengan berusaha mengganti arah perjuangan bangsa.
     
Menurut dia, masih ada problem kebangsaan yang membutuhkan perhatian semua elemen bangsa. Ancaman intoleransi, radikalisme, dan terorisme nyata adanya, termasuk ancaman fitnah, hasutan, dan ujaran kebencian di media sosial.
     
"Menghadapi ancaman itu kita dukung konsolidasi besar antara pemerintah dan masyarakat untuk bersama melawan. Penegakan hukum harus diiringi dengan pendidikan politik yang baik," kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY itu.
     
Ia mengatakan, problem dan ancaman itu harus dijawab dengan solusi kebijakan. "Kita dukung pembentukan UU Terorisme, kita dukung Presiden Jokowi memberikan komando pada seluruh kekuatan negara khususnya Polri dan TNI untuk memberantas dan membasmi terorisme dan menghancurleburkan kekuatan teroris, termasuk simpatisan dan pendukung terorisme," katanya.
     
"Terorisme merupakan ancaman yang sangat serius bagi bangsa Indonesia dan kemanusiaan di dunia. Terorisme tidak boleh hidup di bumi Indonesia," kata Eko.***2***

 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024