Arus mudik di pantura Pekalongan-Batang terpantau ramai lancar

id Arus mudik Pekalongan, ramai lancar,Mudik Lebaran 2019,Idul Fitri 1440H,Info Mudik,ramadhan,tradisi lebaran,arus mudik,a

Arus mudik di pantura Pekalongan-Batang terpantau ramai lancar

Arus lalu lintas kendaraan pada H-5 Lebaran yang melintas di jalur pantura maupun protokol Kota Pekalongan masih terpantau ramai lancar. (Foto Kutnadi)

Pekalongan (ANTARA) - Arus mudik Lebaran di jalur pantai utara Kota Pekalongan hingga Kabupaten Batang, Jawa Tengah, memasuki H-5 Lebaran 2019 atau Jumat (31/5) siang terpantau ramai lancar.

Volume arus lalu lintas kendaraan yang melintas di jalur pantura maupun jalan protokol memang terjadi peningkatan meski belum sampai menimbulkan kemacetan.

Ketersendatan arus lalu lintas kendaraan, hanya terjadi perempatan traffic light Grogolan dan sekitar tempat keramaian maupun pusat tempat perbelanjaan Kota Pekalongan seperti Mal Matahari di Jalan Alu-Alun, mal Ramayana, dan Trans Mart.

Kemudian, untuk di wilayah Batang, kepadatan arus lalu lintas terjadi seperti di perempatan traffic light pantura Kasepuhan, Kecamatan Batang Kota dan Jalan Alun-Alun Batang.

Peningkatan arus mudik Lebaran tersebut terus dipantau oleh Dinas Perhubungan Kota Pekalongan untuk menga-update data jumlah kendaraan yang melintas dijalan raya melalui area traffic control system (ATCS) atau turun langsung di jalan raya.

Koordinator Regu di Posko Induk Pengamanan Lebaran 2019 Dinas Perhubungan Kota Pekalongan Eko Yekti mengatakan bahwa hingga Jumat (31/5), arus lalu lintas terpantau lancar dan tidak ada masalah kemacetan.

Adapun kepadatan arus lalu lintas di jalan pantura, kata dia, lebih didominasi oleh kendaraan roda dua kemudian disusul mobil pribadi, dan angkutan barang seperti truk.

Menurut dia, Hingga Jumat siang, jumlah kendaraan yang melintas dari arah barat (Jakarta) menuju timur (Semarang) sebanyak 42.216 terdiri atas mobil pribadi sebanyak 8.730 unit, angkutan umum (205), bus 715, truk 5.891, sepeda motor 25.312, dan pick up 1.363 unit.

"Kami memperkirakan volume kendaraan pribadi yang melintas pantura pada hari ini dan besok akan terus meningkat dan akan turun pada H-1 atau H-2 Lebaran," katanya.