Kanada libas Kuba 7-0 untuk melaju ke perempat final

id Piala Emas 2019,timnas kanada, timnas kuba, kanada vs kuba

Penyerang Kanada Lucas Cavallini (19) menaklukkan bek Kuba Yosel Piedra (6) dalam pertandingan Grup A Piala Emas 2019 yang dimainkan di Stadion Bank of America, Charlotte, AS, pada Senin (24/6/2019) pagi WIB. (ANTARA/USA TODAY Sports/Jim Dedmon)

Jakarta (ANTARA) - Kanada berpesta tujuh gol tanpa balas saat menghancurkan Kuba pada pertandingan Grup A Piala Emas 2019, kemenangan yang untuk sementara membawa mereka memuncaki klasemen grup dengan koleksi enam poin, sekaligus membawa mereka melaju ke perempat final.

Dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Bank of America, North Carolina, pada Senin pagi WIB ini Lucas Cavallini dan Jonathan David mengemas trigol, sedangkan satu gol tambahan dibukukan oleh Junior Hoilett, demikian dilansir laman resmi turnamen.

Pertandingan baru berusia tiga menit saat The Canucks membuka keunggulan melalui sepakan kaki kanan David dengan memanfaatkan operan Hoilett.

Gempuran Kanada terus berlanjut, mereka kemudian menggandakan keunggulan dari tembakan jarak dekat Cavallini yang kembali menggetarkan jala gawang Kuba pada menit ke-21.

Kanada menambah keunggulan dalam rentang waktu tiga menit di fase akhir babak pertama. Pada menit ke-43, Cavallini melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti, dan tiga menit berselang pemain yang sama mengukir trigolnya dengan sepakan memanfaatkan umpan Alphonso Davies.

Unggul empat gol di babak pertama tidak membuat Kanada mengendurkan tekanan, mereka bahkan mengemas gol kelimanya saat babak kedua baru bergulir lima menit. Kali ini giliran Hoilett yang menuliskan namanya di papan skor melalui golnya dengan memanfaatkan skema serangan balik.

David mengemas gol keduanya di laga ini, sekaligus gol keenam Kanada, pada menit ke-71 dengan memanfaatkan situasi tendangan sudut. Pesta gol Kanada berakhir pada menit ke-77, dengan ditandai trigol yang diukir David. Pada gol terakhir di laga ini, David melepaskan tembakan dari tengah kotak penalti yang bersarang di bagian tengah gawang Kuba.

Kemenangan ini untuk sementara membawa Kanada memuncaki klasemen Grup A dengan koleksi enam poin. Sedangkan Kuba terpuruk di dasar klasemen dengan nol poin setelah memainkan tiga pertandingan. Juara tujuh kali Meksiko dapat kembali merebut posisi puncak seandainya mereka mampu mengamankan atas Martinique dalam pertandingan yang juga dimainkan pada Senin.

Baca juga: Martinique cukur Kuba di Piala Emas 2019
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar