KA Fajar Utama dan Senja Utama ditambah gerbong kelas priority

id Kereta api,kereta wisata, kelas priority, fajar utama, senja utama

KA Fajar Utama dan Senja Utama ditambah gerbong kelas priority

Direktur Utama PT KA Wisata Totok Suryono menunjukkan suasana gerbong di kereta wisata kelas priority yang nantinya akan dirangkaikan dengan Fajar Utama Yogyakarta dan Senja Utama Yogyakarta (Eka Arifa Rusqiyati)

Yogyakarta (ANTARA) - Rangkaian kereta api Fajar Utama Yogyakarta dan Senja Utama Yogyakarta akan ditambah dengan gerbong kereta wisata kelas priority yang akan dijalankan secara rutin tiap hari mulai 13 Desember 2019 untuk relasi Yogyakarta-Pasar Senen.

“Tambahan rangkaian kereta kelas priority ini diharapkan bisa memberikan alternatif atau pilihan bagi masyarakat untuk memperoleh layanan jasa kereta api,” kata Direktur Utama PT KA Pariwisata Totok Suryono di Yogyakarta, Rabu.

Kapasitas tempat duduk yang disediakan di kereta kelas priority untuk setiap kali perjalanan adalah 30 tempat duduk. Saat ini masih diberlakukan tiket dengan tarif promo Rp600.000 untuk perjalanan hingga 6 Januari 2020.

Kereta Fajar Utama Yogyakarta akan diberangkatkan dari Yogyakarta pada pukul 07.00 WIB dan tiba di Pasar Senen pada pukul 15.11 WIB. Sedangkan Senja Utama Yogyakarta diberangkatkan pukul 19.05 WIB dari Yogyakarta dan tiba di Pasar Senen pukul 03.01 WIB.
 

Kereta tersebut akan berhenti di sejumlah stasiun seperti Wates, Kutoarjo, Purwokerto, Cirebon, dan Stasiun Jatinegara.

Penambahan rangkaian kereta kelas priority di KA Fajar Utama dan Senja Utama tersebut, lanjut Totok, juga diharapkan mampu mendongkrak citra Stasiun Pasar Senen karena bisa melayani kereta wisata kelas priority.

“Masyarakat pun lebih leluasa menentukan stasiun tujuan karena banyak juga warga yang ingin berhenti di Stasiun Pasar Senen,” katanya.

Konsumen yang ingin menikmati kereta kelas priority dapat mengakses penjualan tiket melalui aplikasi KAI Access, atau aplikasi penjualan tiket lain, dan sejumlah channel penjualan tiket eksternal seperti minimarket.

“Untuk perjalanan perdana pada 13 Desember, kami berharap bisa terisi sekitar 60 persen. Sedangkan untuk okupansi rata-rata ke depan diharapkan bisa mencapai 80 persen,” katanya.

Penumpang kereta kelas priority dapat memperoleh beragam fasilitas seperti makan dan minum di mini bar, hiburan audio video dengan film baru di setiap kursi penumpang serta layanan wi-fi on train.
 

Penambahan rangkaian kereta kelas priority juga telah dilakukan di beberapa KA seperti KA Argo Parahyangan, Argo Wilis, dan Bangunkarta.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto menyatakan hal senada yaitu, penumpang dari Yogyakarta semakin memiliki banyak pilihan kelas kereta api.

“Yogyakarta ini jalur yang cukup gemuk. Saya kira, akan ada banyak masyarakat yang antusias dengan penambahan rangkaian kelas priority di dua kereta ini,” katanya.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar