KAI hentikan sementara KA Harina dan Kertajaya

id KA Harina,Semarang

KAI hentikan sementara KA Harina dan Kertajaya

Penumpang duduk dengan menjaga jarak (physical distancing) di dalam gerbong kereta Kertajaya jurusan Jakarta- Surabaya Pasar Turi di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (11/4/2020). Untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19), PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyesuaikan jam operasi kereta api (KA) jarak jauh di Daops 1 Jakarta dengan hanya mengoperasikan tujuh kereta api pada pukul 06.00-18.00 WIB selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

Semarang (ANTARA) - PT KAI menghentikan sementara perjalanan KA Harina dan Kertajaya, kereta jarak jauh yang transit di Semarang, Jawa Tengah, akibat penurunan okupansi penumpang dampak COVID-19.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro di Semarang, Rabu, mengatakan, perjalanan kedua KA tersebut akan dibatalkan hingga akhir April 2020.

KA Harina melayani rute Surabaya menuju Bandung, via Semarang. Sementara KA Kertajaya melayani jurusan Surabaya-Jakarta yang juga melintasi Semarang.



"Hari ini Bandung sudah mulai PSBB, Oleh karena itu perjalanan KA Harina akan dibatalkan mulai 23 hingga 30 April," kata Krisbiyantoro.

Dengan pembatalan perjalan kedua KA tersebut, kata dia, total sudah ada 68 perjalanan KA yang melibtas di Daop Semarang ini yang disetop sementara akibat Corona.

Dari jumlah tersebut, terdapat 28 perjalanan yang melayani berbagai stasiun di Daop Semarang.

Sementara itu 40 perjalanan sisanya merupakan KA yang rutenya transit di sejumlah stasiun di Daop ini.



Dengan penghentian perjalanan kereta-kereta tersebut, lanjut dia, hingga saat ini masih tersisa dua KA yang melayani perjalanan di Daop Semarang.

Kedua KA tersebut masing-masing KA Maharani jurusan Semarang-Surabaya dan KA Kaligung jurusan Semarang-Tegal.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024