Pasien positif COVID-19 di DIY bertambah tiga orang menjadi 276 orang

id Pasien positif COVID-19,Pemda diy,Yogyakarta

Pasien positif COVID-19 di DIY bertambah tiga orang menjadi 276 orang

Ilustrasi - Sampel darah yang terindikasi positif virus corona. ANTARA/Shutterstock/am. 

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat jumlah kasus pasien dalam pengawasan yang terkonfirmasi positif COVID-19 pada Rabu bertambah tiga orang sehingga total menjadi 276 kasus.

"Dilaporkan penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di DIY sebanyak tiga kasus, sehingga jumlah kasus positif secara kumulatif menjadi 276 kasus," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Rabu.

Berty menyebutkan tiga pasien positif itu yakni pasien kasus 276 berusia 81 tahun berjenis kelamin perempuan asal Kota Yogyakarta, pasien kasus 277 berusia 50 tahun berjenis kelamin perempuan asal Kulon Progo, serta pasien kasus 278 berusia 56 tahun berjenis kelamin laki-laki asal Bantul.

Ia mengatakan pasien yang tercatat dari Kota Yogyakarta merupakan warga Madura yang dijemput oleh anaknya ke Yogyakarta. Sedangkan pasien dari Bantul adalah warga yang sedang mudik dan diketahui positif saat hendak kembali ke Jakarta.

"Kalau (pasien) dari Kulon Progo adalah hasil 'tracing', jadi ada pedagang ikan dari Purworejo yang positif, padahal pedagang tersebut berkontak dengan warga dari Kulon Progo," kata dia.

Meski demikian, Berty mencatat tiga pasien sembuh dari COVID-19 sehingga total pasien sembuh menjadi 216.

Ketiganya yakni pasien kasus 215 berusia 27 tahun berasal dari Sleman (laki-laki), pasien kasus 216 berusia 43 tahun berasal dari Bantul (perempuan), pasien kasus 251 berusia 34 tahun berasal dari Gunung Kidul (perempuan).

Selain itu, ia juga mencatat dua kematian PDP yang masih dalam proses laboratorium dan sudah diambil swab yakni pasien perempuan berusia 79 tahun asal Sleman dan pasien perempuan berusia 38 tahun asal Gunung Kidul.

Berdasarkan data dari rumah sakit rujukan, ia mencatat total orang dalam pemantauan (ODP) di DIY hingga Rabu (17/6) mencapai 7.264 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah diperiksa terkait dengan COVID-19 (dengan tes usap) tercatat 1.746 orang.

Dari jumlah PDP tersebut, 1.314 orang di antaranya dinyatakan negatif corona, 276 orang positif di mana 216 orang di antaranya sembuh, dan delapan meninggal, sedangkan yang masih menunggu hasil 156 orang dengan 28 di antaranya telah meninggal.



 
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar