Dishub: Simpang Tegalturi Yogyakarta dinormalisasi dukung Taman Pintar 2

id Taman Pintar 2,normalisasi simpang,jalan tegalturi

Dishub: Simpang Tegalturi Yogyakarta dinormalisasi dukung Taman Pintar 2

Simpang Jalan Tegalturi Yogyakarta yang menjadi akses masuk ke lokasi Taman Pintar 2 Yogyakarta (Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta menyebut simpang Jalan Tegalturi yang menjadi akses masuk ke area yang nantinya menjadi lokasi Taman Pintar 2 Yogyakarta membutuhkan normalisasi agar kendaraan berdimensi besar bisa bermanuver dengan lebih mudah.

“Kondisi simpang sangat sempit dengan sudut 90 derajat sehingga jika ada kendaraan besar yang bermanuver masuk ke Jalan Tegalturi akan menghabiskan seluruh badan jalan yang bisa mengakibatkan penumpukan antrean kendaraan di sekitar simpang,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Windarto di Yogyakarta, Rabu.

Oleh karenanya, lanjut dia, perlu dilakukan normalisasi simpang untuk memudahkan manuver kendaraan berdimensi besar khususnya bus pariwisata saat akan masuk ke Jalan Tegalturi.

Menurut dia, normalisasi simpang di ujung timur Jalan Tegalturi tersebut merupakan bagian dari upaya manajemen lalu lintas yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta untuk mendukung keberadaan dan operasional Taman Pintar 2.

“Saat Taman Pintar tersebut mulai dioperasionalkan, tentu akan banyak dikunjungi rombongan wisatawan yang biasanya datang menggunakan bus pariwisata. Tentu perlu difasilitasi sehingga perjalanannya lancar,” katanya.

Untuk saat ini, lanjut Windarto, simpang jalan yang perlu dinormalisasi berada di sisi selatan karena sebagian besar bus biasanya masuk dari arah selatan atau dari Jalan Giwangan.

“Kami tidak akan melakukan perubahan arah arus lalu lintas di Jalan Tegalturi. Baru sebatas pada normalisasi simpang saja,” katanya.

Sedangkan untuk kebutuhan parkir kendaraan, kata Windarto, tetap bisa difasilitasi di area Taman Pintar 2 serta bisa memanfaatkan lokasi parkir di Pasar Ikan Higienis yang terletak tepat di depan Taman Pintar Dua.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pertanahan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kota Yogyakarta Sarmin mengatakan sudah mengalokasikan anggaran untuk pembelian lahan di simpang Jalan Tegalturi.

Pembelian lahan tersebut dilakukan untuk kebutuhan normalisasi simpang guna mendukung keberadaan Taman Pintar 2.

“Harapannya, pembelian lahan bisa diselesaikan pada pertengahan Desember,” katanya.

Pembangunan Taman Pintar 2 yang bertema "aquatic" dilakukan bertahap sejak 2019 yaitu dengan membangun Embung Giwangan. Pada tahun ini, pembangunan dilanjutkan dengan pembangunan fasilitas umum seperti toilet dan jalan setapak.

Jika kedua fasilitas umum tersebut bisa diselesaikan tahun ini, maka kompleks Taman Pintar 2 dapat dibuka secara terbatas pada 2021.

Pembangunan fasilitas gedung untuk Taman Pintar 2 diharapkan dapat dilanjutkan pada 2021 dan 2022 dan lokasi wisata tersebut diharapkan dapat dibuka pada 2022.

Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024