Yogyakarta menuntaskan distribusi Kartu Keluarga Sejahtera

id kartu keluarga sejahtera,KKS,yogyakarta

Yogyakarta menuntaskan distribusi Kartu Keluarga Sejahtera

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyerahkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada salah satu penerima manfaat, Jumat (20/8/21). (ANTARA/Eka AR)

Yogyakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Yogyakarta menuntaskan proses distribusi Kartu Keluarga Sejahtera bagi penerima manfaat, sehingga total penerima di kota tersebut saat ini tercatat 2.148 penerima yang berhak memperoleh bantuan Rp200.000 per bulan secara nontunai.

"Dengan bantuan ini, setidaknya dapat sedikit membantu warga yang membutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, di sela-sela pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) di Yogyakarta, Jumat.

Penerima KKS dapat memanfaatkan bantuan yang diterima tersebut untuk berbelanja beras atau kebutuhan pokok lain, melalui e-warung yang ada di tiap wilayah.

Pada Jumat (20/8), dibagikan sebanyak 417 KKS kepada penerima manfaat. Sebelumnya, Kota Yogyakarta sudah mendistribusikan KKS untuk 1.711 penerima bantuan.

Untuk penerima awal, sudah menerima bantuan sebanyak tujuh kali atau tujuh bulan, sedangkan untuk penerima susulan menerima bantuan lima kali.

Heroe memastikan, penerima KKS di Kota Yogyakarta adalah warga yang sama sekali belum mendapat bantuan sosial apapun dari pemerintah, seperti program keluarga harapan (PKH) dan bantuan sosial tunai (BST).

"Penerima KKS adalah warga prasejahtera yang belum masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial," katanya.

Heroe memastikan, seluruh bantuan sosial yang diberikan kepada penerima manfaat diberikan secara utuh sesuai ketentuan tanpa ada potongan atau tambahan biaya apapun yang harus dikeluarkan penerima.

Sebelumnya, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta juga sudah mendistribusikan bantuan pangan berupa beras sebagai tambahan bantuan sosial di masa pandemi COVID-19.

Secara keseluruhan, total penerima berbagai program bantuan sosial di Kota Yogyakarta mencapai sekitar 50.000 penerima manfaat, termasuk nantinya penerima bantuan sosial tunai yang bersumber dari APBD Kota Yogyakarta.

"Untuk bantuan sosial tunai dari APBD Kota Yogyakarta memang belum disalurkan karena kami harus memastikan data dari pusat supaya tidak ada duplikasi," kata Sekretaris Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Sutini Sri Lestari.
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2021