Bupati Kulon Progo Sutedjo meraih TOP BUMD Award

id TOP BUMD Award 2021,Kulon Progo,Top Pembina BUMD,pemulihan ekonomi nasional,COVID-19

Bupati Kulon Progo Sutedjo meraih TOP BUMD Award

Bupati Kulon Progo Sutedjo dinobatkan sebagai Top Pembina BUMD dalam ajang penghargaan TOP BUMD Award 2021. (Foto ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Bupati Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sutedjo dinobatkan sebagai kepala daerah yang dinilai mampu meningkatkan Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Binangun dan Perumda BPR Bank Kulon Progo sehingga meraih penghargaan TOP BUMD Award 2021.

Bupati Sutedjo di Kulon Progo, Minggu, mengaku bersyukur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupaten Kulon Progo diakui dan dihargai oleh lembaga independen tingkat nasional.

"Penghargaan tersebut sungguh membanggakan, sehingga kami berharap torehan prestasi yang diraih Perumda Airminum Tirta Binangun dan Bank Kulon Progo menjadi inspirasi dan spirit bagi BUMD lainnya sehingga lebih baik lagi dan membawa kemajuan wilayah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Sutedjo.

Ia mengatakan dalam pengelolaan BUMD, dirinya memberikan keleluasaan kepada para direksi untuk selalu kreatif dan inovatif dalam upaya mengembangkan sekaligus memajukan perusahaan milik Pemkab Kulonprogo tersebut.

"Keleluasaan kita berikan pada para direksi BUMD untuk membuat program-program kerja baru yang bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD)," katanya.

Bupati Sutedjo mencontohkan Perumda Tirta Binangun jaringan layanannya kepada publik semakin luas termasuk pemberian relaksasi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Demikian juga Bank Kulon Progo terus berkembang dan maju, sehingga bisa membangun gedung baru yang sangat refresentatif.

"Selain itu program-program layanan publik terus berkembang dan jumlah nasabah, kelompok binaan serta asetnya terus bertambah. Hal tersebut tentu memberikan pengaruh positif bagi masyarakat luas," ujarnya.

Dirut Bank Kulon Progo Joko Purnomo menjelaskan berbagai kebijakan cepat yang dilakukan pihaknya sebagai respons menghadapi pandemi COVID-19 dan hasil positif dari sisi kesehatan maupun bisnis perseroan.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun Jumantoro menyampaikan terima kasih pada semua pihak telah mendukung program Bela Beli Kulon Progo khususnya produk air mineral 'AirKu'.

"Kami mengapresiasi masyarakat menggunakan produk kami sehingga Perumda Tirta Binangun tetap survival dan bisa memberikan keringanan bagi masyarakat di tengah pandemi COVID-19,” katanya.

Seperti diketahui, TOP BUMD Awards 2021 diselenggarakan majalah Top Business bekerja sama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan Bisnis. Dewan juri melibatkan sejumlah profesor, beberapa doktor dan para praktisi serta konsultan bisnis terkemuka.

Menteri BUMN Erick Thohir mewakili Wapres KH Ma'ruf Amin mendorong sinergi BUMN dengan BUMD menggeliatkan perekonomian daerah dan mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di tengah pandemi COVID-19.

"Kami terbuka bekerja sama dengan BUMD dan pemda,” katanya.
 

Ketua Penyelenggara TOP BUMD Awards 2021 M Lutfi Handayani mengatakan ajang tersebut merupakan award BUMD terbesar di Indonesia dan diberikan pada BUMD-BUMD terbaik setiap tahun. Penilaian meliputi berkinerja baik, banyak melakukan improvement dan inovasi perbaikan, berkontribusi besar dalam pembangunan daerah, memiliki strategi dan inovasi di masa pandemi agar bisnis tumbuh berkelanjutan.

"TOP BUMD Awards bukan sekadar pemberian penghargaan tapi mengedepankan aspek pembelajaran bersama terutama bagi BUMD peserta. 172 BUMD mengikuti proses penilaian secara lengkap termasuk wawancara penjurian," ungkapnya.