RTH dimanfaatkan sebagai wisata lokal

id Taman Lembang Kabupaten Madiun,wisata lokal,wisata madiun,pemkab madiun,kabupaten madiun,BUnda PAUD Kabupaten Madiun,mad

RTH dimanfaatkan sebagai wisata lokal

Kegiatan Bunda PAUD Kabupaten Madiun dan jajaraan berkunjung di Taman Lembang yang berada di Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jatim, Senin (22/11/2021) guna mendorong wisata lokal setempat. (FOTO ANTARA/HO-Diskominfo Kab Madiun)

Madiun (ANTARA) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Madiun, Jawa Timur Pentalianawati Ahmad Dawami mengajak warga daerah itu untuk memanfaatkan beragam ruang terbuka hijau (RTH) di daerah sekitarnya sebagai tempat wisata lokal tanpa harus keluar kota guna mencegah penularan COVID-19.

"Masyarakat dapat memanfaatkan taman-taman yang dibangun pemda ataupun pemdes sebagai lokasi wisata terdekat untuk menghabiskan waktu saat libur," ujar Penta, sapaan akrab Pentalianawati Ahmad Dawami saat berkunjung di Taman Lembang yang berada di Desa Ngale, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jatim, Senin (22/11).

Menurut dia, taman atau RTH lokal bisa dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana pendidikan, wisata, maupun pengembangan perekonomian daerah sekitar.

"Ke depan Taman Lembang saya berharap dapat dikelola secara profesional agar menjadi lokasi wisata lokal yang dapat mendorong perekonomian masyarakat sekitar," kata Istri Bupati Madiun tersebut.

Ia menilai, Taman Lembang yang ada di Desa Ngale tersebut cukup strategis. Lokasinya tak jauh dari jalan tol dan masih terjangkau dari arah pusat pemerintahan.

Penta juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kepala Desa Ngale yang terus melakukan pengembangan guna menjadikannya lebih baik.

Kepala Desa Ngale Lilik Indarto Gunawan menjelaskan Taman Lembang dibangun pada tahun 2019. Meskipun belum diresmikan, namun sudah banyak dikunjungi beberapa pejabat Pemerintaah Kabupaten Madiun dan masyarakat dari luar daerah.

"Ide dasar pembangunannya sederhana saja, yakni ingin membuat tempat yang ramai dikunjungi. Akhirnya jadilah Taman Lembang," kata Kades Lilik

Adapun nama Lembang diambil dari dua dusun yang ada di Desa Ngale yakni Dusun Ngale dan Sumbang.

Di tempat tersebut terdapat sejumlah fasilitas umum yang bisa digunakan pengunjung. Seperti taman, pendopo, gazebo, dan lainnya. Selain itu, juga terdapak lapak jajanan UMKM yang menjual produk unggulan masyarakat. Ada sebanyak 60 pedagang warga Desa Ngale dan sekitarnya yang berjualan di tempat tersebut.

Lilik menambahkan dengan memanfaatkan taman sekitar sebagai tempat wisata lokal, diharapkan kondisi perekonomian di Desa Ngale dan Kabupaten Madiun dapat bergerak serta membaik. Utamanya di masa pandemi.
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021