Kulon Progo membuka layanan Anjungan Dukcapil Mandiri di Kalibawang

id Anjungan Dukcapil Mandiri ,Kulon Progo

Kulon Progo membuka layanan Anjungan Dukcapil Mandiri di Kalibawang

Bupati Kulon Progo Sutedjo meninjau layanan Anjungan Dukcapil Mandiri di Balai Desa Bajararum, Kalibawang. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Kulon Progo)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membuka layanan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Balai Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kulon Progo Aspiyah di Kulon Progo, Kamis, mengatakan bahwa kehadiran ADM di Balai Desa Banjararum ini merupakan bentuk layanan agar masyarakat semakin mudah mendapatkan akses.

"Mesin ADM tersebut mampu mencetak KTP elektronik, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, akta kematian, kartu identitas anak (KIA), dan layanan kependudukan lainnya," kata Aspiyah.

Menurutnya, layanan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Dengan adanya layanan ADM memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat.

"Kami harap masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini dengan baik,” harapnya.

Bupati Kulon Progo Sutedjo berharap pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil semakin mudah dan cepat.

“Dengan ADM pelayanan jadi lebih mudah, khususnya penduduk di wilayah utara. Tidak perlu repot-repot ke kantor dinas di kabupaten, tapi bisa langsung datang ke Balai Desa Banjararum dan cetak sendiri,” katanya.

Ia mengatakan pada masa era digital seperti saat ini, masyarakat bisa akses layanan kependudukan dan pencatatan sipil melalui aplikasi dan dokumennya bisa dicetak mandiri.

"Kita harus tanggap dengan perkembangan teknologi informasi dan meningkatkan pelayanan yang mudah, cepat, dan inovatif, sehingga masyarakat puas dengan layanan pemkab," katanya.