Karya Agus Suwage di Museum MACAN

id Agus Suwage, museum macan, pameran seni

Karya Agus Suwage di Museum MACAN

Perupa Agus Suwage. (Instagram/@museummacan)

Jakarta (ANTARA) - Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN) memamerkan karya perupa Agus Suwage dengan tajuk "The Theater of Me" sejak Sabtu (4/6) hingga 15 Oktober 2022.

Pameran dikembangkan oleh Museum MACAN dan dikurasi oleh direktur Museum, Aaron Seeto.

Pameran "Agus Suwage: The Theater of Me" adalah upaya besar dari Museum MACAN untuk memastikan bahwa perupa terkemuka Indonesia memiliki kesempatan untuk memamerkan karyanya kepada masyarakat, demikian dikutip dari siaran pers pada Minggu.

Sejumlah karya penting bersejarah dibuat Agus Suwage pada pertengahan hingga akhir 1990an di Jakarta, ketika ibukota negara (dan Indonesia) pada saat itu sedang menghadapi perubahan politik dan sosial yang masif.

Salah satunya adalah karya Agus Suwage yang berjudul "Maka Lahirlah Angkatan 90-an" merupakan respons terhadap karya S. Sudjojono yang berjudul "Maka Lahirlah Angkatan 66’".

Uniknya, dua karya tersebut memperlihatkan seorang laki-laki yang sedang memegang kaleng cat dan kuas, dan pada karya Agus Suwage tersebut, sang laki-laki kebetulan terlihat memegang kaleng cat Mowilex Emulsion yang berwarna biru.

Sejumlah persiapan pameran dilakukan oleh Museum MACAN dimulai dari membuat desain pameran hingga pengecatan menggunakan warna-warna cat dari Mowilex pada area pameran Agus Suwage




 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024