Mulai tertata, ekosistem paduan suara Indonesia

id paduan suara,Avip Priatna,musik klasik,ekosistem musik

Mulai tertata, ekosistem paduan suara Indonesia

Batavia Madrigal Singers (BMS) berhasil menjuarai 31st European Grand Prix for Choral Singing (EGP) 2022 yang berlangsung di Grand Theatre kota Tours, Perancis, Sabtu (18/6/2022) waktu setempat. ANTARA/HO-BMS/am.

Jakarta (ANTARA) - Konduktor paduan suara dan orkestra Avip Priatna menilai bahwa ekosistem paduan suara (choir) di Indonesia sudah mulai terbangun, terutama dalam dua puluh tahun terakhir mulai memperlihatkan kemajuan yang didorong oleh minat anak muda terhadap ansambel musik.

“Kalau kita lihat di Eropa, pertunjukan musik itu banyak (didatangi) orang tua, tapi kalau di Indonesia itu anak-anak muda, apalagi untuk pertunjukan klasik. Kalau kita nonton konser musik klasik, itu anak-anak muda yang nonton. Menurut saya ekosistemnya sudah mulai terbangun,” kata Avip saat dijumpai Antara di Jakarta, Sabtu.

Avip dikenal sebagai konduktor yang telah membawa sejumlah grup paduan suara ke kejuaraan dan pertunjukan internasional, seperti Parahyangan University Choir, Batavia Madrigal Singers, dan Jakarta Chamber Orchestra.

Ia memulai karier sebagai konduktor Parahyangan University Choir ketika masih berkuliah di Universitas Parahyangan, Bandung. Setelah lulus dari studi Arsitektur, ia memutuskan fokus bidang musik dengan menempuh pendidikan di Hochschule fur Muzick und Darstellende Kunst di Vienna, Austria.

Avip mengatakan salah satu yang turut mendorongnya untuk mengambil studi musik karena melihat penyanyi di Indonesia memiliki potensi luar biasa namun belum banyak yang bisa mengarahkannya.

“Saya merasa kalau nggak ada yang gerak, nggak ada yang sekolah, ini nggak ada yang melatih mereka, sayang. Akhirnya saya sekolah, dan betul rupanya ketika saya dengan Parahyangan merintis tanding ke luar negeri, mulai dilihat sama teman-teman se-Indonesia,” katanya.

Belum lama ini, paduan suara Batavia Madrigal Singers yang dikonduktori Avip menjuarai European Grand Prix (EGP) for Choral Singing 2022 di Grand Theatre Kota Tours, Prancis. Pada 2018, Avip membawa grup The Resonanz Children's Choir juara di kompetisi tersebut.

Menurutnya, mengikuti kompetisi paduan suara merupakan suatu cara menempa diri berproses sehingga semakin hari lebih baik lagi. 
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024