Festival Kenduri Swarnabhumi dibanjiri warga

id Jambi, kenduri swarnabhumi,batangharim jambi

Festival Kenduri Swarnabhumi dibanjiri warga

Kegiatan pembukaan Festival Kenduri Swarnabhumi di Benteng Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. (ANTARA/Riski Apriyani)

Batanghari, Jambi (ANTARA) - Rangkaian Festival Kenduri Swarnabhumi di kawasan Benteng Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi membantu para pelaku UMKM dan ekonomi kreatif di daerah itu untuk melakukan promosi.

"Kegiatan ini tidak boleh berhenti sampai d sini saja, harus ada kegiatan berkesinambungan paling tidak menjadi ajang kegiatan tahunan," kata Bupati Batanghari M Fadhil Arief di Batanghari, Rabu (24/8/2022).

Festival Kenduri Swarnabhumi merupakan serangkaian kegiatan berbasis budaya yang diselenggarakan Kemendikbudristek bekerja sama dengan beberapa pemerintah daerah di Provinsi jambi yang dilintasi aliran Sungai Batanghari.

Kegiatan itu salah satu tujuannya sebagai upaya merawat harmoni masyarakat dan peradaban sungai, juga cikal bakal budaya serta tradisi masyarakat di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batang Hari yang memiliki panjang aliran sekitar 800 KM dari Dharmasraya Provinsi Sumatra Barat hingga Nipah Panjang di Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi.

"Sebagai penerus kita jadikan warisan tak ternilai ini menjadi sumber inspirasi dalam berkarya membangun negeri dan keberadaan Sungai Batang Hari harus terus kita rawat," kata Bupati Fadhil.







 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024