Penyaluran bansos BBM di Kulon Progo capai 67,84 persen

id Bantalan sosial BBM,Dinsos-P3A Kulon Progo ,Kulon Progo ,Kenaikan BBM

Penyaluran bansos BBM di Kulon Progo capai 67,84 persen

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kulon Progo Yohanes Irianta. (ANTARA/Sutarmi)

Kulon Progo (ANTARA) - Dinsos Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sebanyak 32.897 keluarga penerima manfaat atau 67,84 persen sudah menerima bansos akibat kenaikan harga bahan bakar minyak.

"Capaian penyaluran bansos kenaikan BBM sudah cukup tinggi. Penyaluran dimulai sejak Jumat (9/9) dengan sasaran disabilitas dan warga yang sedang sakit atau isolasi," kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos-P3A) Kulon Progo Yohanes Irianta di Kulon Progo, Kamis, .

Bansos kenaikan BBM disalurkan secara tunai kepada keluarga miskin yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial. Total penerima di Kulon Progo tercatat 48.498 keluarga penerima manfaat (KPM). 

Sesuai petunjuk teknis pelaksanaan program bansos melalui Keputusan Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos RI Nomor 158/5/HK.01/8/2022 maka nilai bantuan yang diterima masyarakat adalah Rp500.000 terdiri dari bansos BBM untuk periode September-Oktober senilai Rp300.000 ditambah bantuan program sembako Rp200.000.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengatakan salah satu upaya pemerintah untuk menekan inflasi akibat kenaikan harga BBM bersubsidi adalah penyaluran bantalan sosial. "Harapannya bisa mengendalikan harga," katanya.