Alumni UT lakukan inovasi teknologi

id Pembangunan teknologi,Universitas Terbuka Majene

Alumni UT lakukan inovasi teknologi

Rektor Universitas Al Asy'ariah Mandar (Unasman), Dr Chudriah Sahabuddin, pada saat melakukan orasi ilmiah pada acara wisuda 420 orang mahasiswa Universitas Terbuka di Majene, Minggu (06/11/2022) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Mamuju (ANTARA) - Alumni Universitas Terbuka Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) diminta mengembangkan inovasi teknologi dalam berkontribusi bagi pembangunan daerah di Sulbar.

"Universitas Terbuka diminta untuk turut andil membangun Sulbar," kata Rektor Universitas Al Asy'ariah Mandar (Unasman), Dr Chudriah Sahabuddin, pada saat melakukan orasi ilmiah pada acara wisuda mahasiswa Universitas Terbuka di Majene, Minggu.

Universitas Terbuka Kabupaten Majene berhasil meluluskan 420 orang alumninya tahun ini, wisuda Universitas Terbuka Majene berlangsung di aula Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Majene.

Rektor Unasman itu mengatakan bahwa komponen utama Era Industri 5.0 adalah manusia yang mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi.

"Dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang pendidikan terdapat lima hal penting yaitu, profesionalitas, daya kompetitif, kompetensi, fungsional, keunggulan partisipatif, dan kerja sama, " katanya.

Ia mengatakan, terobosan kebijakan pendidikan baru yang disebut dengan "Merdeka Belajar" telah digulirkan pada akhir tahun 2019 oleh pemerintah dan terobosan tersebut telah merubah wajah pendidikan di Indonesia.

"Merdeka Belajar merupakan kebebasan memilih secara bertanggung jawab disertai motivasi, kepercayaan diri untuk memperoleh berbagai informasi, pengetahuan, keterampilan, pengalaman reflektif dan evaluatif," katanya.




 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024