PANDI menemukan ribuan serangan phishing di Indonesia

id phishing,pandi,domain id

PANDI menemukan ribuan serangan phishing di Indonesia

Tangkapan layar pengurus PANDI saat konferensi pers tentang serangan phishing pada domain ".id", Selasa (27/12/2022). (ANTARA/Natisha Andarningtyas)

Jakarta (ANTARA) - Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menemukan ribuan serangan phishing pada domain ".id" selama kuartal ketiga 2022.

Ketua Dewan Pengurus PANDI Yudho Giri Sucahyo saat jumpa pers virtual, Selasa, mengatakan dua tahun terakhir banyak pelaku kejahatan yang menggunakan domain ".id" untuk phishing, pergeseran dari yang sebelumnya menggunakan domain ".com".

Laporan Indonesia Anti-Phishing Data Exchange (IDADX), divisi PANDI untuk menjaga domain ".id" digunakan sebagai situs phishing, ditemukan 7.988 serangan phishing pada kuartal III 2022. Terdapat 181 situs unik dengan domain ".id" yang digunakan untuk serangan phishing pada periode itu.

IDADX menemukan serangan phishing di Indonesia cenderung naik setiap kuartal pada 2022. Pada kuartal I, lembaga itu menemukan 1.613 serangan pishing pada domain ".id", sementara pada kuartal II sebanyak 4.902.

"Rata-rata situs web yang menjadi korban adalah subdomain," kata Yudho.
 
Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024