Para terdidik harus terjun ke dunia politik

id IKA Universitas Hasanuddin, akademisi Unhas,IKA Unhas Jabodetabek,resesi ekonomi 2023,kalangan terdidik

Para terdidik harus terjun ke dunia politik

Akademisi Universitas Hasanuddin Drs Hilmi R Ibrahim, MSi disela diksusi Unhas Talks tema outlook 2023 secara hibrid pada Minggu (15/1/2023). Antara/HO-IKA Unhas.

Makassar (ANTARA) - Akademisi Universitas Hasanuddin Drs Hilmi R Ibrahim, MSi mengatakan, agar suara kalangan terdidik terdengar maka perlu terjun ke dunia politik yang secara geopolitik harus mengambil peran.

“Jangan alergi pada politik, karena secara geopolitik kalangan terdidik perlu mengambil peran dalam spektrum politik nasional," kata Hilmi di sela diskusi Outlook 2023 di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, hal itu mengingat semua sektor dalam kehidupan bernegara, termasuk ekonomi dan hukum diatur lewat jalur politik.

Menurut Hilmi, konsensus politik hanya dapat dicapai lewat jalur politik. Jika enggan masuk ke dalam ranah politik, jangan salahkan jika kebijakan investasi Indonesia Timur terasa tak adil.

Sementara ketidakadilan dalam kebijakan dan perlakuan dalam hukum, Imbuh Siking Suryadi, SH, MH, advokat dan kurator, narasumber bidang hukum dalam diskusi Unhas Talks tersebut, mencerminkan hukum yang dijalankan di Indonesia hanya alat untuk mencapai tujuan penguasa dan kelompok tertentu.


“Kita butuh kepastian hukum untuk mengantisipasi masalah dan krisis yang mungkin terjadi," katanya.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024