Dipamerkan, motif batik khas peranakan Tionghoa

id Pemkot Pekalongan, pamerkan motif batik peranakan Tionghoa

Dipamerkan, motif batik khas peranakan Tionghoa

Petugas Museum Batik Pekalongan sedang mengecek keaslian motif batik "Kelengan" yang berasal dari peranakan Tionghoa, Jumat (27/1/2023). (ANTARA/Kutnadi)

Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, memamerkan (display) motif batik "Kelengan" yang zaman dahulu banyak digunakan orang-orang Tionghoa yang bermukim di daerah setempat.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Museum Batik Pekalongan Akhmad Asror di Pekalongan, Jumat, mengatakan bahwa motif batik "Kelengan" ini mempunyai proses pewarnaan yang sederhana yakni dengan menutup permukaan kain dengan malam menurut motif yang diinginkan, kemudian dicelup pewarna batik.

"Motif batik "Kelengan" hanya memiliki dua warna dengan warna putih sebagai warna dasar kain dan warna biru yang banyak dibuat pada saat itu," katanya.

Menurut dia, batik khas Kota Pekalongan sejak dahulu mendapat banyak pengaruh motif maupun warna dari luar di antaranya pengaruh budaya etnis peranakan Tionghoa.

"Kain batik Kelengan yang dipamerkan ini dahulunya merupakan karya dari masyarakat Kota Pekalongan yang dulunya bertempat tinggal di sekitar Jalan Belimbing dan Sampangan," katanya.