RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta berikan layanan KB gratis bagi masyarakat

id PKU Muhammadiyah,KB gratis,PKU Yogyakarta

RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta berikan layanan KB gratis bagi masyarakat

​​​​​​​Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta  memberikan pelayanan keluarga berencana (KB) dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) secara gratis bagi masyarakat di Yogyakarta, Rabu.  (ANTARA/HO/PKU Muhammadiyah)

Yogyakarta (ANTARA) - Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta memberikan pelayanan keluarga berencana (KB) dengan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) secara gratis bagi masyarakat di wilayah setempat, Rabu.

Direktur RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dr Komarudin melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu, mengatakan kegiatan itu dihelat bertepatan Milad 1 Abad PKU Muhammadiyah Yogyakarta dan 14 Tahun PKU Gamping.

"Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan cakupan kepesertaan KB MKJP serta memenuhi hak reproduksi bagi pasangan usia subur (PUS)," ujar Komarudin.

Selain itu, menurut dia, program tersebut diharapkan mendukung program pemerintah dalam pengendalian dan peningkatan kualitas keluarga di DIY.

Baca juga: Wabup Sleman melakukan pemasangan alat kontrasepsi pada peserta KB gratis

Komar menuturkan di usia seabad PKU Muhammadiyah Yogyakarta yang mengangkat tema "Lintasi Zaman, Sehatkan Bangsa" menjadi komitmen menjaga layanan prima, dengan dilandasi amanah, lengkap, mutu, antusias, universal, dan nyaman dalam menjaga kesehatan masyarakat.

"Mengutip Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir bahwa RS PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta bukan hanya sebagai institusi kesehatan, melainkan juga heritage karena menjadi rumah sakit pertama dan tertua yang dimiliki oleh pribumi," kata dia.

Layanan KB gratis yang digelar di selasar Poli Baru RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta itu bekerja sama dengan BKKBN Kota Yogyakarta dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta.

"Mendapatkan antusiasme dari ibu-ibu peserta sebanyak 114 orang dari target 100 orang," kata dia.

Hadir dalam kegiatan itu, Staf Ahli Pemerintah Kota Yogyakarta Wirawan Hario Yudho, Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Yogyakarta Eddy Muhammad, BKKBN DIY Iin Nazifah Hafid, dan Ketua PWM DIY Gita Danu Pranata.

Baca juga: Yogyakarta beri layanan KB gratis