Mentan : Panen padi semua daerah makin masif

id Menteri Pertanian ,Panen padi di Bantul ,Musim tanam 2023

Mentan : Panen padi semua daerah makin masif

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat melakukan panen padi di bulak Desa Caturharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Selasa (14/2/2023) (ANTARA/Hery Sidik)

Bantul (ANTARA) - Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo menyebut bahwa panen padi di seluruh daerah di Tanah Air makin masif  dari hari ke hari.

"Hari ini di Bantul meyakinkan kita bahwa di seluruh daerah di Indonesia ini musim panen dari hari ke hari makin masif," kata Menteri seusai menghadiri panen raya padi di Desa Caturharjo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa sore.



Menteri Pertanian mengatakan,  dapat dikatakan bahwa tidak lagi hari tanpa panen komoditas pokok tersebut di hampir semua daerah.

"Memasuki Februari ini saja ada kurang lebih 1,9 juta hektare di seluruh Indonesia yang siap panen, nah Bantul sendiri saja saat ini ada kurang lebih 5.000 hektare siap panen," katanya.

Selain itu musim tanam di beberapa kabupaten kota di DIY apabila ditotal mencapai ratusan ribu hektare sawah yang siap panen periode Februari, Maret, dan April.

"Alhamdulillah kondisi alam kita cukup bersahabat dalam musim tanam kali ini, dan kita memasuki masa panen di Februari-Maret, dan kemudian musim panen di Maret-April," katanya.



Mentan juga berharap hasil panen padi pada musim 2023 di semua daerah maksimal, dan mampu mendukung ketersediaan beras nasional untuk swasembada pangan.

"Oleh karena itu, kita berharap produksi ini segera terproses di semua penggilingan, dari penggilingan tentu akan menuju pasar, dan tentu saja kita berharap ketersediaan di seluruh Indonesia cukup," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mentan sebut panen padi semua daerah dari hari ke hari makin masif
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024