Dinas Pariwisata Bantul optimalkan pariwisata melalui ajang Dimas Diajeng 2023

id Dinas Pariwisata ,Berdayakan pemuda pemudi ,Dimas Diajeng

Dinas Pariwisata Bantul optimalkan pariwisata melalui ajang Dimas Diajeng 2023

Wisatawan memadati kawasan pantai selatan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. ANTARA/Hery Sidik

Bantul, DIY (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggandeng Ikatan Duta Wisata Bantul untuk mengadakan pemilihan Dimas Diajeng 2023 sebagai upaya memberdayakan pemuda dan pemudi untuk mengoptimalkan potensi pariwisata daerah ini.

"Kegiatan ini bertujuan memberdayakan pemuda dan pemudi asli Kabupaten Bantul untuk membantu mengoptimalkan potensi pariwisata Bantul," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo dalam keterangan tertulisnya di Bantul, DIY, Minggu.

Dia mengatakan pemilihan Dimas Diajeng juga bertujuan menjaring, memilih dan meregenerasi pemuda pemudi Bantul yang memiliki kepedulian terhadap budaya dan pariwisata daerah ini sebagai bagian dari komitmen Ikatan Duta Wisata Bantul.

Menurut dia, pemilihan Dimas Diajeng 2023 mengambil tema "Tanah Sumadya Hanguripi, Nguri-uri Subasita Kang Utama, Murih Ginayuh Projotamansari".

"Yang berarti Dimas Diajeng Bantul bersedia menghidupi, bersedia melestarikan, etika adalah pilihan utama agar tercapainya tujuan Bumi Bantul Projotamansari. Tema ini sejalan dengan Bantul Bumi Mataram dan Bantul Kreatif," katanya.

Oleh karena itu, dia mengajak pemuda pemudi asli Bantul atau yang berdomisili Bantul yang memenuhi kriteria seperti belum menikah, sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkotika, psikotropika dan zat adiktif (napza) dapat bergabung menjadi Dimas Diajeng.

"Kriteria lainnya adalah lulusan SMA sederajat dengan usia kurang 25 tahun, memiliki tinggi dan berat badan proporsional, berwawasan, berbudaya, komunikatif, dan berkepribadian menarik, menguasai bahasa asing minimal Bahasa Inggris," katanya.

Selain itu, kata dia, calon Dimas Diajeng juga belum pernah menjadi duta wisata dan tidak sedang menjabat atau mengikuti kompetisi sebagai duta lain, namun mampu dan sanggup untuk aktif dalam kegiatan Ikatan Duta Wisata Bantul.

Dia menyebutkan untuk pendaftaran pemilihan Dimas Diajeng dibuka sejak 1 Januari sampai 19 Februari 2023, yang kemudian akan mengikuti seleksi tertulis dan wawancara pada awal Maret 2023, untuk kemudian dipilih kandidat-kandidat yang lolos ke babak semifinal.
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024