Rumah singgah bantu buku untuk literasi anak jalanan

id rumah singgah, balla barakka, kapolrestabes makassar, kombes pol, mokhammad ngajib, sumbang buku, buku bacaan, anak putu

Rumah singgah bantu buku untuk literasi anak jalanan

Kapolresrtabes Makassar Kombes Pol Mokhammad Ngajib (kiri) menyerahkan buku bacaan kepada anak remaja di Rumah Singgah Balla Barakka, Jalan Kesatuan Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (16/5/2023). ANTARA/HO-Humas Polrestabes Makassar

Makassar (ANTARA) - Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Mokhammad Ngajib menyalurkan buku bacaan di Rumah Singgah 'Balla Barakka' sebagai bentuk kepedulian demi meningkatkan literasi bagi anak jalanan dan kurang mampu dalam mengecap pendidikan formal.

"Di tempat ini kita siapkan perpustakaan untuk memberikan pelajaran dasar bagi anak-anak di sini, tentunya yang tidak mengikuti pelajaran formal, atau yang putus sekolah maupun yang tidak sekolah," tutur Kapolres di rumah singgah setempat, Jalan Kesatuan Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Ngajib mengatakan rumah singgah tersebut merupakan wadah pembinaan untuk anak-anak yang tidak mendapatkan pendidikan formal karena berbagai persoalan sosial.

Rumah singgah tersebut, kata dia, diberi nama Balla Barakka yang merupakan binaan langsung Polrestabes Makassar. Tercatat ada dua titik lokasi rumah singgah tersebut masing-masing di Jalan Muhammad Tahir Kompleks Kumala Permai Kecamatan Tamalate dan Jalan Kesatuan di Kecamatan Makassar.

"Rumah Barakka ini merupakan rumah barokah. Disiapkan tempat baik untuk pembinaan kepada anak-anak, kemudian disiapkan pos yang kemudian kita bersama-sama TNI Polri serta partisipasi masyarakat turut menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Tamalate dan wilayah kecamatan Makassar," ujarnya.

Kapolres bilang, rumah singgah itu sengaja ditempatkan pada daerah titik rawan tawuran antarpemuda, sehingga langkah antisipasinya mengajak anak-anak maupun pemuda masuk ke rumah singgah untuk menghabiskan waktu membaca, tujuannya menambah ilmu pengetahuan bagi mereka.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024