Merdeka Belajar diimplementasikan lewat nilai budaya

id LLDIKTI Wilayah X, perguruan tinggi swasta, gubernur Sumbar,merdeka belajar

Merdeka Belajar diimplementasikan lewat nilai budaya

Gubernur Sumbar Mahyeldi menghadiri Rapat Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X di Padang, Rabu malam (24/5/2023). (ANTARA/Muhammad Zulfikar)

Padang (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi mengatakan provinsi tersebut turut mengimplementasikan Merdeka Belajar yang digagas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di sekolah menengah atas (SMA) melalui pengenalan nilai-nilai budaya.

"Nilai-nilai atau adat istiadat yang ada di Sumbar dipraktikkan di sekolah melalui program panen karya," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat menghadiri Rapat Kerja Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X di Padang, Rabu malam.

Melalui program panen karya tersebut para siswa dan siswi di Sumbar berkompetisi untuk melahirkan inovasi, ide, kreativitas dan lain sebagainya. Upaya tersebut diyakini menjadi jembatan bagi peserta didik untuk lebih matang saat masuk ke perguruan tinggi.

Pada kesempatan itu, ia menyinggung banyaknya profesor muda di sejumlah negara tetangga seperti Malaysia. Jika dibandingkan dengan Indonesia maka masih tertinggal jauh.

Oleh karena itu, ia mendorong LLDIKTI Wilayah X bersama ratusan perguruan tinggi swasta yang berada di bawah naungannya untuk memikirkan bagaimana mencetak atau melahirkan banyak guru besar atau profesor muda sehingga meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Tanah Air.

Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah X Afdalisma mengatakan institusi tersebut telah melakukan berbagai upaya peningkatan mutu melalui program-program yang dilaksanakan pada tahun 2022 dan 2023





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sumbar implementasikan Merdeka Belajar melalui pengenalan nilai budaya
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024