Festival Van Der Wijck masuk agenda Kharisma Event Nusantara

id Festival Van Der Wijck ,Dinas Pariwisata Sleman ,Kementerian Parekraf,Kemenparekraf ,Kharisma Event Nusantara ,Kabupaten

Festival Van Der Wijck masuk agenda Kharisma Event Nusantara

Pembukaan Festival Van Der Wijck di Dusun Tangisan, Tempel Sleman, Jumat (2/6/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Festival Van Der Wijck yang digelar di Dusun Tangisan, Kelurahan Banyurejo, Tempel, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2 - 3 Juni 2023 lolos menjadi salah satu agenda Kharisma Event Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Salah satu yang spesial dari tahun ini adalah Festival Van Der Wijck menjadi satu dari 110 daftar kegiatan dalam Karisma Event Nusantara Kemenparekraf," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid di Sleman, Sabtu.

Menurut dia, Festival Van Der Wijck tahun ini dilaksanakan dengan suasana yang berbeda dari tahun sebelumnya. Tak hanya dimeriahkan dengan penampilan beragam kesenian lokal, Festival Van Der Wijck 2023 juga dinobatkan menjadi salah satu agenda dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf.

"Karisma Event Nusantara (KEN) merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama pemerintah daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif," katanya.

Ia mengatakan, tahun ini terdapat 110 agenda unggulan yang telah dikurasi dari 291 kegiatan usulan dinas pariwisata provinsi se-Indonesia.

"Hal ini patut kita syukuri, dan semoga semakin membuka pintu untuk mengenalkan pariwisata khususnya di Sleman Barat," katanya.

Wakil Bupati Danang Maharsa mengaku bangga atas pencapaian tersebut.

Danang mengatakan, meski baru dilaksanakan kali kedua, namun Festival Van Der Wijck berhasil membuktikan Sleman memiliki potensi wisata yang tak kalah menawan dari daerah lain.

"Keberuntungan bagi kita Festival Van Der Wijck ini menjadi salah satu event yang lolos dalam Karisma Event Nusantara dan dibiayai sepenuhnya oleh Kemenparekraf. Prestasi ini patut kita banggakan, dan semoga bisa ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya," katanya.

Pada tahun ini Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki enam agenda yang lolos dalam Karisma Event Nusantara di antaranya, Sumonar (Kota Yogyakarta), Wayang Jogja Night Carnival (Kota Yogyakarta), Jogja Violin Fest (Sleman), Festival Van Der Wijck (Sleman), Keroncong Plesiran (Sleman), dan Ngayogjazz (Sleman).

Di Festival Van Der Wijck masyarakat dapat menikmati beragam rangkaian penampilan kesenian, kirab budaya, lomba, talkshow, edu walking, workshop, dan pameran UMKM. Acara ini dapat diikuti mulai dari pukul 07.00 - 17.00 WIB.



 
Pembukaan Festival Van Der Wijck di Dusun Tangisan, Tempel Sleman, Jumat (2/6/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Festival Van Der Wijck berhasil masuk agenda Kharisma Event Nusantara
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024