Bupati Sleman panen perdana budi daya semangka di sekolah lapang

id Budi daya Semangka ,Dinas Pertanian Sleman ,Panen semangka ,Kabupaten Sleman ,Bupati Sleman ,Sleman

Bupati Sleman panen perdana budi daya semangka di sekolah lapang

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo bersama Kepala Dinas Pertanian Sleman Suparmono melakukan panen perdana Sekolah Lapang Budi daya Semangka di Padukuhan Gatak I, Kalurahan Selomartani, Kapanewon (Kecamatan) Kalasan, Selasa (6/6/2023). ANTARA/HO-Bagian Prokopim Setda Sleman

Sleman (ANTARA) - Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kustini Sri Purnomo melakukan panen perdana sekolah lapang budi daya semangka di Padukuhan Gatak I, Kalurahan Selomartani, Kapanewon (Kecamatan) Kalasan, Selasa.

Pada kesempatan tersebut, Bupati memanen semangka berbobot 4 kilogram, didampingi Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Sleman serta Panewu(Camat) Kalasan.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kabupaten Sleman Suparmono mengatakan salah satu latar belakang pengembangan komoditas semangka, karena tingginya kebutuhan konsumsi di Sleman.

Menurut dia, berdasarkan data BPS, kebutuhan konsumsi semangka masyarakat tercatat mencapai 4.000 ton per tahun. "Sementara itu, pada 2022 Sleman hanya memproduksi semangka sebanyak 176 ton," katanya.

Ia mengatakan, besarnya peluang pasar ini menjadi salah satu motivasi Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Sleman untuk mendorong para petani untuk membudidayakan tanaman buah semangka.

"Kami dorong teman-teman petani, ayo menghasilkan semangka, karena kebutuhan masyarakat masih banyak yang perlu dicukupi. Sedangkan pasokan semangka selama ini 95 persen masih berasal dari luar Sleman," katanya.

Suparmono mengatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan offtaker yang memiliki peran untuk membantu memasok hasil pertanian agar bisa dipasarkan hingga supermarket ternama.

"Dengan begitu, target pemasaran dapat lebih luas, dan petani pun dapat menikmati hasil tanamnya dengan lebih cepat," katanya.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo memberikan dukungan terhadap pengembangan budidaya semangka, khususnya di kawasan Sleman Timur.

Kustini menilai, peran sektor pertanian tidak hanya memberikan andil terhadap ketahanan pangan, tetapi juga memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian terutama terkait dengan pendapatan petani maupun penyerapan tenaga kerja.

"Mari kita dukung bersama, untuk budi daya semangka maupun komoditas pertanian lainnya oleh Kelompok Tani Babu Risqi ini menggunakan teknik budi daya pertanian yang efektif dan efisien, sehingga keuntungan yang diperoleh dapat maksimal dan meningkatkan kesejahteraan bersama," katanya.

Bupati juga memberi arahan, agar petani terus membuka diri untuk bekerja sama dengan para ahli, baik di bidang pertanian, di bidang pangan, maupun ahli di tingkat perguruan tinggi, juga dengan menggandeng petani milenial dalam pengembangan pemasaran dengan teknologi terkini.

"Dengan kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian dalam negeri sehingga kita tidak banyak melakukan impor," katanya.

Menurut dia, Pemkab Sleman selalu mendukung upaya budi daya berbagai komoditi pertanian. Selain pada upaya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produk pertanian, juga pada upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan memakmurkan wilayahnya.
 
Pewarta :
Editor: Mahmudah
COPYRIGHT © ANTARA 2024