Pengangguran ditangani dengan sembilan pelatihan kompetensi kerja

id kobar,kotawaringin barat,blk,pelatihan kerja,kalimantan tengah

Pengangguran ditangani dengan sembilan pelatihan kompetensi kerja

Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santosa melakukan kunjungan ke UPT Balai Latihan Kerja. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan sembilan pelatihan kompetensi kerja selama 2023.

"Melalui program pelatihan ini, kita ingin BLK semakin berperan optimal mendukung peningkatan kemampuan masyarakat, sehingga pengangguran bisa menurun. Tahun ini ada sembilan kategori pelatihan yang dilaksanakan," kata Penjabat Bupati Kotawaringin Barat Budi Santoso di Pangkalan Bun, Jumat.

Sebanyak sembilan kategori program pelatihan tersebut, yaitu jasa perbaikan sepeda motor injeksi, tata kecantikan rambut, pembudayaan sayur hidroponik, bakeri, desain grafis muda, operator komputer muda, pengelola administrasi perkantoran, menjahit pakaian dengan mesin, dan menjahit kebaya.

Pernyataan itu diungkapkan pria yang baru saja menjabat sebagai Penjabat Bupati Kotawaingin Barat tersebut, terkait dengan kunjungan kerja ke UPT BLK setempat.

"Kunjungan itu untuk melihat sudah sejauh mana sarana dan prasarana yang ada di UPT BLK dalam mendukung penurunan jumlah pengangguran di kabupaten ini," katanya.

Budi juga berpesan kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kotawaringin Barat Rusliansyah beserta pengurus BLK agar dapat memberikan fasilitas penginapan kepada peserta berasal dari kecamatan lain atau mereka yang datang dari daerah ke BLK itu dengan menempuh jarak cukup jauh.

Kepala Disnakertrans Kotawaringin Barat Rusliansyah mengatakan akan menindaklanjuti masukan penjabat bupati untuk memfasilitasi penginapan bagi peserta yang berasal dari kecamatan lain.

 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024