UGM perkuat kemitraan melalui berbagai misi strategis

id Ugm, rektor ugm, kagama, mitra universitas

UGM perkuat kemitraan melalui berbagai misi strategis

Rektor UGM Kunjungi Delapan Mitra Universitas di UK, Perkuat Kemitraan melalui Berbagai Misi Strategis. ANTARA/HO-Humas UGM

Yogyakarta (ANTARA) - Delegasi UGM yang dipimpin oleh Rektor Prof. dr. Ova Emilia M.Med.Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., menjalankan misi strategis dalam serangkaian kunjungan ke delapan mitra universitas yang ada di UK dari 6 Juni hingga 9 Juni 2023.

Delegasi ini terdiri atas Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dekan Fakultas Ilmu Budaya, Dekan Fakultas Psikologi, Dekan Fakultas Teknik, Dekan Sekolah Vokasi, Dekan Fakultas Biologi, Dekan Sekolah Pascasarjana, Direktur Kemitraan, Alumni, Urusan Internasional, dan Ketua Health Promoting University (HPU) UGM.

Kunjungan ini dimulai dari UK bagian utara dengan mengunjungi University of Glasgow, University of Edinburgh, dan University of Dundee. Kemudian delegasi melanjutkan perjalanan ke University of Birmingham, University of Leeds, University of Nottingham, Coventry University, dan University of Warwick.

Tujuh dari delapan universitas tersebut telah menjalin kemitraan erat dengan UGM melalui pertukaran mahasiswa dan staf, penelitian bersama, dan program double degree. Melalui kunjungan ini, UGM berharap dapat memperkuat kerja sama di bidang yang lebih luas, seperti supervisi bersama dalam studi pascasarjana, pendanaan bersama untuk program double degree, dan mobilitas mahasiswa.

Selama kunjungan, UGM juga menjelaskan topik dan area kerja sama yang belum tergarap, termasuk kemungkinan kerja sama dalam pembentukan Institute for Future Life, sebagai komitmen UGM untuk mendukung pengembangan proyek ibu kota baru Indonesia.

Sementara itu, UGM dan University of Dundee masih berusaha untuk mengembangkan peluang kerja sama. Beberapa bidang yang akan mulai digarap adalah pendidikan kedokteran, teknik, psikologi, penelitian hak asasi manusia, dan program musim panas dengan peluang supervisi bersama dalam studi pascasarjana dan pengajaran tim.

Selanjutnya, selama pertemuan departemen di setiap universitas, fakultas-fakultas yang berpartisipasi telah mencapai beberapa kesepakatan yang dapat ditindaklanjuti setelah kunjungan ini. Sebagai contoh, Fakultas Ilmu Budaya akan mengirim dosen mereka untuk mengajar gamelan dan seni pertunjukan tradisional Indonesia lainnya di University of Birmingham.

Sekolah Vokasi juga telah bersepakat untuk mendatangkan seorang profesor dari University of Leeds untuk mengajar di program bahasa Inggris di SV. Pada tingkat universitas secara keseluruhan, University of Warwick akan melanjutkan proyek pendanaan bersama untuk program Double Degree dengan UGM.

Sebagai penutup kunjungan, delegasi UGM menghadiri pertemuan alumni dengan lebih dari 70 anggota Kagama di UK dan Irlandia. Acara ini diselenggarakan secara hybrid di Kedutaan Besar Indonesia di London dan disambut hangat oleh Duta Besar Indonesia untuk UK, Bapak H.E. Desra Percaya, dan Kagama UK-Irlandia.