Bangun startup di Indonesia, ini caranya

id Startup,Perusahaan rintisan,Ekosistem ekonomi,Startup Indonesia

Bangun startup di Indonesia, ini caranya

Ilustrasi startup (ANTARA/freepik.com)

Jakarta (ANTARA) -
Riset dari Asian Development Bank memberikan tiga aspek yang dapat ditingkatkan untuk mengembangkan ekosistem perusahaan rintisan (startup) di Indonesia.
 
Riset yang berkolaborasi dengan lembaga penelitian SMERU itu menunjukkan perusahaan rintisan berorientasi pembangunan di Indonesia akan di untungkan dengan pengembangan ekosistemnya untuk mewujudkan potensi mereka dan berkontribusi pada pembangunan negara.
 
Sementara fintech dan e-commerce mendominasi ekosistem digital di Indonesia, sedangkan perusahaan rintisan yang berfokus di area seperti pendidikan, kesehatan, agrikultur dan teknologi ramah lingkungan berkembang kurang pesat berdasarkan studi Indonesia’s Technology Startups: Voices From the Ecosystem.
 
Inovasi-inovasi perusahaan rintisan ini akan berdampak tinggi terhadap pembangunan seperti perbaikan kesehatan dan kesejahteraan, pekerjaan, dan solusi iklim. Namun, mereka sering dianggap berisiko oleh investor dan lembaga keuangan yang ada selama ini.
 
Menurut studi tersebut, ada tiga aspek yang dapat difokuskan untuk meningkatkan ekosistem perusahaan rintisan Indonesia meliputi kualitas inkubator dan akselerator, akses keuangan untuk perusahaan rintisan tahap awal, dan pengembangan bakat.
 
Inkubator dan akselerator dapat memperoleh manfaat dari staf yang lebih baik, terutama karyawan dengan pengetahuan bisnis yang lebih banyak, dan mentor dengan keahlian dan pengalaman sektor.
 
Perusahaan rintisan baru kesulitan meyakinkan investor untuk menyediakan pendanaan, menyoroti pentingnya untuk menemukan dan mengembangkan sumber modal dan dukungan alternatif.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tiga aspek penting untuk bangun ekosistem startup di Indonesia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024