Kejuaraan dunia SEM India jadi sasaran Apatte62 Brawijaya

id Apatte62 Brawijaya Team 1,Universitas Brawijaya,Shell Eco-marathon Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023,Sirkuit Mandalika

Kejuaraan dunia SEM India jadi sasaran Apatte62 Brawijaya

Tim Apatte62 Brawijaya Team 1 saat merayakan kemenangan kategori Urban Concept Battery Electric di Shell Eco-marathon Asia Pasifik dan Timur Tengah 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Sabtu (8/7/2023). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Lombok, NTB (ANTARA) - General Manager Tim Apatte62 Brawijaya Team 1 dari Universitas Brawijaya (UB) Kunindro Wisnu Nugraha menargetkan timnya mengikuti kejuaraan dunia Shell-Eco-marathon (SEM) yang pada tahun ini digelar di Shell Technology Center, Bangalore, India, pada 10-12 Oktober.

Hal ini dikatakan Wisnu ketika ditemui awak media setelah timnya meraih juara pada kategori Urban Concept Battery Electric pada SEM Asia-Pasifik dan Timur Tengah 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat dengan 182.6 km/kWh.

Capaian tim asal Malang, Jawa Timur itu mengungguli dua universitas dari Indonesia yang menempati posisi kedua dan ketiga yaitu tim ARJUNA UI dari Universitas Indonesia dengan 171.6 km/kWh dan tim TITEN UNEJ TEAM dari Universitas Jember dengan 115 km/kWh.

“Kami menargetkan untuk bisa mengikuti Shell Eco-marathon World Championship di India,” kata Wisnu, Sabtu.

SEM World Championship diikuti tim-tim Urban Concept terbaik untuk menggabungkan efisiensi mobil dengan adu kecepatan untuk melihat siapa yang dapat mencapai garis finis dengan jumlah energi yang paling sedikit.



Tergabung bersama delapan tim lainnya pada Regional Championship, Minggu (9/7), Wisnu mengatakan peta persaingan akan semakin berat karena berisi gabungan tim-tim juara satu, juara dua, dan juara ketiga dari subkategori Urban Concept (Internal Combustion Engine, Hydrogen Fuel Cell, dan Battery Electric).

Meski demikian, ia mengaku akan mempersiapkan strategi sematang mungkin untuk menjadi salah satu dari empat tim yang akan bertanding pada kejuaraan dunia tersebut untuk melawan perwakilan dari Amerika dan Eropa.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Apatte62 Brawijaya targetkan ikut kejuaraan dunia SEM di India
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024