Geopark Gunung Sewu Wonogiri gaet turis

id geopark Gunung Sewu

Geopark Gunung Sewu Wonogiri gaet turis

Tim pengembangan Geopark Gunung Sewu, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, saat melakukan pemantauan di lokasi beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendukung pengembangan Geopark Gunung Sewu di Kabupaten Wonogiri, setelah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan kawasan gunung tersebut sebagai Global Geopark pada 2015.

“Kami terus memberikan dukungan bagi pengembangan Geopark Gunung Sewu di antaranya melalui kegiatan Jelajah Gunung Sewu yang melibatkan instansi terkait di Provinsi Jateng dan Kabupaten Wonogiri, akademisi, lembaga swadaya masyarakat, dan tokoh masyarakat setempat,” kata Kepala Bidang Geologi dan Air Tanah Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jateng Heru Sugiharto di Semarang, Senin.

Revalidasi I pascapenetapan Geopark Gunung Sewu dilaksanakan pada 2019, dan empat tahun kemudian, UNESCO kembali melakukan revalidasi II atau evaluasi ulang terkait kelayakan, pada 25-30 Juli 2023.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan “Jelajah Gunung Sewu” bertujuan untuk jelajah geopark guba meningkatkan eksposur pentingnya peran Geopark Gunung Sewu dalam pengembangan wilayah.

Selain itu, sebagai wujud apresiasi serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian Gunung Sewu UNESCO Global Geopark.
 

“Peran Pemprov Jateng dalam mengembangkan Geopark Gunung Sewu adalah dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana, yang dapat mendukung pengembangan, pemanfaatan serta pelestarian Geopark Gunug Sewu,” ujarnya.

Selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah membantu membina dan meningkatkan kapasitas pembangunan masyarakat setempat sehingga tujuan dari geopark untuk kemajuan dan peningkatan ekonomi masyarakat dengan tetap memelihara kelestarian warisan alam bisa terwujud.

Ia menyebutkan infrastruktur di antaranya adalah berupa akses jalan provinsi yang bagus termasuk adanya pemberian papan nama atau papan penunjuk jalan lokasi geosite dan penyebaran informasi di media sosial maupun membangun website yang terkait Geopark Gunung Sewu.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Jateng dukung pengembangan Geopark Gunung Sewu Wonogiri

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024