RS Siloam Yogyakarta adakan bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit

id rs siloam yogyakarta

RS Siloam Yogyakarta adakan bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit

Jajaran Direksi Rumah Sakit Siloam Yogyakarta bersama tim dokter ahli yang terlibat dalam bakti sosial operasi bibir sumbing dan langit-langit (ANTARA/HO-RS Siloam Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Siloam Yogyakarta bekerja sama dengan Yayasan Dharma Wulan, Smile Train, dan mengadakan kegiatan bakti sosial operasi bibir sumbing untuk masyarakat di Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.
 
Kegiatan dalam rangkaian Anniversary Ke-6 Rumah Sakit (RS) Siloam ini dilakukan dengan tujuan memberikan lebih banyak senyuman di wajah masyarakat, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan sekitarnya.

"Bakti sosial ini ditujukan untuk masyarakat umum yang kurang mampu, tanpa dipungut biaya sepeser pun," kata drg Adi Subekti, Sp.BM, salah seorang anggota tim dokter yang melakukan operasi bibir sumbing dan langit-langit.

Kegiatan ini dimulai pada 4 Agustus 2023 dengan tahap skrining pasien dan tindakan operasi dilakukan pada 5 Agustus 2023. Dari hasil skrining, pasien dapat menerima satu kali tindakan operasi atau lebih, tergantung dari diagnosis dokter atas kondisi pasien.

Semua tindakan operasi bibir sumbing difasilitasi oleh RS Siloam Yogyakarta dan Smile Train, disponsori oleh Yayasan Dharma Wulan.

Sementara itu, Direktur RS Siloam Yogyakarta dr. S.A. Erich Richardo, MPH menyatakan bangga atas kepercayaan untuk memilih RS Siloam Yogyakarta sebagai fasilitator operasi bibir sumbing.

"Kami berharap kegiatan bakti sosial ini dapat berkontribusi untuk masyarakat yang lebih sehat," katanya.

RS Siloam Yogyakarta resmi beroperasi pada awal tahun 2017. Rumah sakit ini  merupakan rumah sakit cabang ke 33 dari 41 RS Siloam di seluruh Indonesia. Rumah  sakit ini memiliki 200 tempat tidur yang terdiri dari Kelas 3, Kelas 2, Kelas 1, Kelas VIP, Kelas VVIP,  Kelas Suite, dan Kelas President Suite.

RS Siloam Yogyakarta juga melayani pasien  dengan jaminan korporasi, asuransi, dan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan, di mana setiap  bulannya dapat melayani lebih dari 9.000 pasien rawat jalan. 

RS Siloam Yogyakarta memiliki klinik rawat jalan yang komprehensif serta memiliki  program unggulan untuk Mom & Child, Orthopedic dan Neuroscience. Termasuk klinik penyakit dalam, bedah umum dan bedah anak, bedah mulut, bedah digestif, bedah onkologi, ortopedi,  jantung dan pembuluh darah, paru, urologi, mata, saraf, dan lainnya. 

Rumah sakit ini juga menyediakan layanan hemodialisis bagi pasien yang memerlukan cuci darah, serta dilengkapi dengan layanan laboratorium yang komprehensif serta layanan radiologi 24 jam.

"Kami berharap dengan hadirnya kegiatan ini dapat terus mengembangkan layanan kesehatan dan meningkatkan kenyamanan bagi para pasien khususnya warga di area wilayah Yogyakarta," katanya.

Kegiatan ini juga dihadiri CEO RS Siloam Yogyakarta Siti Nurtata Rizki, Director of Nurse Christina Wartuti, serta para dokter ahli yakni Dr. drg. Andi Setiawan Budiharja, Sp.BM(K), drg. Yahya,Sp.BM (K) beserta tim dokter sebanyak 14 dokter gigi spesialis bedah mulut yang terlibat.