Produk UMKM laku di medsos, ini kiatnya

id Media sosial,UMKM,Literasi digital

Produk UMKM  laku di medsos, ini kiatnya

Ilustrasi orang tua mendampingi anaknya saat mengakses internet agar anak terhindar dari kejahatan siber. (ANTARA/HO/Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Muhajirin Purwakarta Dian Ikha Pramayanti membagikan tips agar produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa dipasarkan dengan baik di media sosial.

"Jadi, langkah-langkah yang mesti dilakukan agar produk UMKM dapat dipasarkan dengan baik lewat media sosial adalah pertama-tama soal pemilihan platform yang digunakan, pahami target audiens, buatlah profil bisnis yang menarik, produksi konten yang menarik dan relevan, serta lakukan analisis atau evaluasi kerja,” ujar dia dalam rilis pers yang diterima, Minggu.

Hal itu disampaikannya dalam lokakarya literasi digital bertema "Raup Cuan di Era Digital: Atasi Rintangan dalam Berjualan Online" yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi di Jawa Barat.

Dian menjelaskan bahwa terdapat empat platform media sosial yang dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara untuk mempromosikan produk UMKM.

Dia mencontohkan, TikTok efektif untuk membangun citra pribadi, sementara Whatsapp berguna dalam memperkenalkan produk, promosi, maupun berinteraksi dengan konsumen.

Adapun Facebook dan Instagram juga bisa digunakan untuk branding pribadi dan menarik pembeli serta memperkenalkan produk.

Pelaku UMKM, kata dia, saat ini sedang tumbuh pesat. Di seluruh Indonesia, jumlah UMKM per 2022 lalu mencapai 8,71 juta unit. Para pelaku UMKM tersebut sudah mulai menggunakan metode pemasaran online untuk menjaring lebih banyak pelanggan, termasuk penjualan lewat media sosial.

Lebih lanjut dia mengatakan penjualan produk UMKM melalui media sosial memiliki sejumlah kelebihan, seperti dapat meningkatkan penjualan produk, memudahkan menerima masukan atau umpan balik dari pelanggan mengenai produk yang dijual, serta memperluas target pemasaran.

"Lewat media sosial, sasaran produk lebih jelas atau mudah diketahui lewat respons pelanggan atau konsumen," ucapnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ini tips agar produk UMKM bisa dipasarkan dengan baik di media sosial
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024