Ternyata, neuroglobin berperan bangun SDM berkualitas

id FKUI,Neuroglobin,Biologi,otak

Ternyata, neuroglobin berperan bangun SDM berkualitas

Guru Besar Ilmu Biokimia dan Biologi Molekuler Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Dr. dr. Ninik Mudjihartini dalam pengukuhannya sebagai Guru Besar di Jakarta, Sabtu (19/8/2023). (FOTO ANTARA/HO-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI))

Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Ilmu Biokimia dan Biologi Molekuler Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr dr Ninik Mudjihartini mengungkapkan penemuannya yang menyebutkan neuroglobin berperan dalam meningkatkan ketahanan kinerja otak guna membangun sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.
 
"Penelitian awal menggunakan tikus sebagai hewan coba yang diberi perlakuan hipoksia (kurang oksigen) sistemik kronik dalam sungkup hipoksia," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.
 
Ia mengatakan sel tubuh memerlukan pasokan oksigen untuk dapat menyelenggarakan semua aktvitas tubuh selama tumbuh dan berkembang dimana pasokan oksigen pada tubuh manusia disalurkan oleh hemoglobin (Hgb) dan mioglobin (Mb).
 
Energi dalam jumlah besar, kata dia, dapat dihasilkan hanya dari jalur aerob, yaitu jika ketersediaan oksigen cukup.
 
Kemudian, katanya, neuroglobin (Ngb) yang merupakan protein jenis baru mempunyai struktur heksakoordinasi, yang menyerupai peran dari Mb dalam memasok oksigen, bahkan dengan jumlah yang lebih banyak.
 
"Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa keadaan hipoksia selain memengaruhi keutuhan sel neuron terbukti juga menurunkan ekspresi protein Ngb," ujarnya.
 
Ninik menyebutkan hasil tersebut sesuai dengan penelitan sebelumnya yang menyatakan bahwa ekspresi Ngb meningkat pada kondisi hipoksia. 
 
 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Guru Besar UI: Neuroglobin berperan tingkatkan kerja otak
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024