Program "Skrining Berhenti Merokok Sejak Dini" cegah pelajar merokok

id cegah perokok aktif dini,kota madiun,madiun,jatim

Program "Skrining Berhenti Merokok Sejak Dini" cegah pelajar merokok

Kegiatan "Skrining Berhenti Merokok Sejak Dini" yang digelar tim Puskesmas Sukosari di SDK Petra Kota Madiun, Rabu (13/9/2023). ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun

Madiun (ANTARA) - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kota Madiun, Jawa Timur melalui petugas Puskesmas Sukosari mencegah perokok aktif di usia pelajar dengan melakukan kegiatan "Skrining Berhenti Merokok Sejak Dini" di sekolah-sekolah.

Koordinator Pelayanan UKS Puskesmas Sukosari drg Fauzia Koesdianarwati mengatakan skrining dilakukan dengan tim kesehatan puskesmas mengunjungi sekolah-sekolah di wilayah puskesmas setempat untuk melakukan pengecekan terhadap siswa usia 10-18 tahun, salah satunya SMKN 1 Madiun.

"Prinsipnya ini deteksi dini kesehatan siswa supaya tahu punya penyakit apa, kalau butuh rujukan kita anjurkan ke puskesmas atau faskes terdekat. Juga untuk mencegah perilaku perokok muda yang akan berdampak buruk terhadap kesehatan," ujar dia di Madiun, Rabu.

Pelaksanaan skrining dengan memberikan formulir tanya jawab untuk siswa dan dengan metode wawancara. Siswa juga dites menggunakan alat "CO Anayzer" atau "Smokerlyzer" untuk mengetahui kadar karbon monoksida dalam tubuh.


 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024