Wapres Ma'ruf Amin-Gubernur Guangxi bahas investasi

id wapres ma'ruf amin ,gubernur guangxi,lan tianli,china

Wapres Ma'ruf Amin-Gubernur Guangxi bahas investasi

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan Gubernur Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang, Lan Tianli, di Liyuan Ressort, Nanning, provinsi Guangxi, China pada Sabtu (16/9/2023) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Nanning (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan Gubernur Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang, Lan Tianli, dalam rangkaian kunjungan kerja ke China untuk membicarakan perluasan investasi dan perdagangan kedua negara.

"Saya senang dapat bertemu dengan Gubernur Lan Tianli di kota Nanning Guangxi. Terima kasih atas sambutan hangat dan keramahan yang diberikan kepada saya dan delegasi selama berkunjung ke Guangxi," kata Ma'ruf Amin di Liyuan Ressort, Nanning, provinsi Guangxi, China pada Sabtu.

Ma'ruf Amin menyampaikan hal tersebut pada sela-sela rangkaian kunjungan kerja ke tiga kota di China yaitu Fuzhou, Nanning dan Shanghai.

"Kunjungan saya kali ini adalah untuk memenuhi undangan pemerintah RRT (Republik Rakyat Tiongkok) ke China-ASEAN Expo ke-20. Hari ini juga saya akan bertemu dengan PM Li Qiang untuk membahas kerja sama bilateral antara kedua negara," tambah Wapres.

Sedangkan Gubernur Wilayah Otonomi Guangxi Zhuang Lan Tianli juga memberikan pujian kepada Indonesia.

"Saya pernah melakukan kunjungan ke Indonesia pada bulan Juni 2017, pandangan yang sangat indah di Indonesia, rakyat yang ramah tamah di Indonesia memberikan bayangan yang mendalam dan sangat mempesona bagi saya," kata Lan Tianli.

Gubernur Lan Tianli mengatakan ia merasa terhormat dengan kunjungan Wapres Ma'ruf Amin ke provinsi Guangxi.

"Terima kasih setulus-tulusnya kepada para delegasi dan yang mulia untuk kehadirannya dalam China-ASEAN Expo di provinsi Guangxi, kota Nanning," ungkap Lan Tianli.

Nilai investasi provinsi Guangxi ke Indonesia mencapai 2,34 miliar dolar AS pada 2022 atau naik 66,64 persen yang berasal dari 53 perusahaan. Salah satu perusahaan yang berinvestasi adalah Wulling yang sudah membangun pabrik di kawasan industri di Jawa Barat.

Sedangkan nilai perdagangan antara provinsi Guangxi dan Indonesia adalah 2,4 juta dolar AS pada 2022 dengan mayoritas adalah mineral serta minyak dan gas.

Wuling berencana untuk memperluas investasi keluar negeri khususnya untuk membuat kemudi sebelah kanan.

Wilayah Otonomi Guangxi  berdiri pada 1958. Wilayah tersebut memiliki populasi suku minoritas terbesar di China, yang terdiri atas  12 suku: Zhuang, Han, Yao, Miao, Dong, Mulao, Maonan, Hui, Jing, Shui, Yi dan Gelao.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres Ma'ruf Amin bertemu dengan Gubernur Guangxi
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024