Mahasiswa digitalisasi 4.055 UMKM Indonesia

id digitalisasi umkm, rekor muri,universitas muhammadiyah purwokerto

Mahasiswa digitalisasi 4.055 UMKM Indonesia

Senior Manager Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) Sri Widayati (tiga dari kanan) menyerahkan piagam penghargaan Muri kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr Jebul Suroso di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Kabupaten Banyumas, Senin (25/9/2023). ANTARA/Sumarwoto

Purwokerto (ANTARA) - Ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melakukan digitalisasi terhadap 4.055 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di berbagai wilayah Indonesia.

Kegiatan digitalisasi berupa pembuatan titik lokasi UMKM terbanyak melalui aplikasi tersebut berhasil tercatat dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) sebagai rekor ke-11.247 yang pencatatannya dilakukan di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP, Desa Dukuhwaluh, Kecamatan Kembaran, Banyumas, Senin.

Senior Manager Muri Sri Widayati mengatakan kegiatan pembuatan titik lokasi UMKM terbanyak melalui aplikasi oleh mahasiswa baru tersebut merupakan rekor baru yang tercatat di Muri.

"Jumlah yang diusulkan ke kami sebanyak 4.000 titik, namun realisasinya mencapai 4.055 titik," jelasnya.

Ia mengatakan saat sekarang era digitalisasi terus berkembang pesat, sehingga kegiatan yang dilakukan oleh para mahasiswa baru tersebut akan membantu para pelaku UMKM dalam memaksimalkan media sosial sebagai sarana promosi lapaknya.

Menurut dia, hal itu juga sejalan dengan program Rumah UMKM yang dicanangkan oleh perguruan tinggi tersebut.

"Maka kami berharap bakal lahir banyak wirausaha muda berbasis kampus dan anak muda, sehingga nantinya akan banyak generasi yang menyiapkan lowongan pekerjaan, bukan lagi sebagai generasi yang mencari kerja," ungkapnya.

Dalam kesempatan terpisah, Rektor UMP Dr Jebul Suroso mengatakan kegiatan tersebut menjadi bagian dari penyambutan 5.160 mahasiswa baru program diploma dan sarjana yang berasal dari dalam maupun luar negeri atau 13 negara.