Kepolisian laksanakan pelepasan tukik di Pantai Samas Bantul

id pelepasan tukik bantul,HUT Humas Polri,konservasi satwa liar

Kepolisian laksanakan pelepasan tukik di Pantai Samas Bantul

Suasana acara pelepasan tukik di Pantai Samas, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (2/10/2023). (ANTARA/HO Humas Polres Bantul)

Bantul (ANTARA) - Bidang Humas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Seksi Humas Kepolisian Resor Bantul melaksanakan pelepasan tukik di Pantai Samas, Kabupaten Bantul, sebagai bagian dari upaya untuk mendukung konservasi satwa liar.

"Kami dari Polda DIY dan Polres Bantul bersama Konservasi Penyu Pantai Samas saat ini berada di Pantai Samas dengan tujuan ikut serta melestarikan lingkungan dengan melaksanakan kegiatan pelepasan tukik ke laut," kata Kepala Urusan Penerangan Umum Sub Bidang Penerangan Masyarakat Bidang Humas Polda DIY AKP Estiqomah sebagaimana dikutip dalam keterangan pers kepolisian di Bantul, Senin.

Acara pelepasan tukik yang dilaksanakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Humas Polri tersebut, menurut dia, merupakan wujud dukungan kepolisian terhadap upaya menjaga keanekaragaman hayati di Indonesia.

"Kami berharap kegiatan ini dapat lebih berkontribusi dalam pelestarian penyu laut dan menjaga keberlanjutan sumber daya alam melalui keseimbangan ekosistem laut," katanya.

Acara pelepasan tukik di Pantai Samas Bantul disertai dengan kegiatan bersih-bersih pantai bersama warga serta penanaman bibit pohon mangrove.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan lestari," kata Estiqomah.

"Pohon mangrove berfungsi sebagai benteng alami yang melindungi pesisir dari erosi dan serangan gelombang besar. Akar-akar mangrove yang kuat membantu menjaga stabilitas tanah di sekitar garis pantai," ia menambahkan.

Acara peringatan Hari Ulang Tahun Humas Polri Tahun 2023 di Bantul ditutup dengan kegiatan pembagian paket sembako kepada warga kurang mampu.

"Ke depannya kita juga masih akan melaksanakan bakti sosial lainnya, salah satunya berupa penyaluran bantuan (buku) Iqro' dan Al Quran untuk Taman Pendidikan Al Quran," kata Kepala Seksi Humas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana.