Teman Orsos lestarikan cerita rakyat

id Teman orsos ,Cindelaras,Yayasan Rumah Piatu Muslimin,Seniman Tari Bharata ,Wayang Orang Bharata

Teman Orsos lestarikan cerita rakyat

Pemain sendratari "Cindelaras" berfoto bersama usai penampilan di Gedung Wayang Orang Bharata, Senen, Jakarta, Sabtu (30/9/2023). ANTARA/HO-Teman Orsos 2023

Jakarta (ANTARA) - Teman Orsos 2023 berkomitmen melestarikan cerita rakyat setelah sukses menampilkan sendratari "Cindelaras" kolaborasi Yayasan Rumah Piatu Muslimin (YRPM) dan Seniman Tari Bharata di Gedung Wayang Orang Bharata, Senen, Jakarta, Sabtu (30/9).

"Kemarin sendratari 'Cindelaras' sukses sehingga tidak tertutup keinginan keinginan penonton kami akomodir," kata Ketua Pelaksana Teman Mitra Nasional Organisasi Sosial (Teman Orsos) 2023, Anggraeni Prastiwi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Anggraeni mengatakan, pertimbangan cerita "Cindelaras" dipilih dari beberapa masukkan karena melibatkan banyak pemain (seniman dan seniwati) termasuk anak-anak asuhan YRPM. "Sehingga mereka memiliki pengalaman tampil di depan banyak orang dan dapat menggali atau mengembangkan potensi mereka," katanya.

Selain itu, cerita ini memiliki banyak nilai sosial yang terkandung di dalamnya, seperti kepedulian dan toleransi sesama manusia. "Jadi, anak-anak juga bisa mempelajari nilai sosial dalam cerita tersebut,” kata Anggraeni.

Pagelaran cerita "Cindelaras" yang disutradarai dan dibuat naskahnya oleh Teguh “Khentus” Ampiranto, tidak hanya ditampilkan oleh seniman dan seniwati dari Seniman Tari Bharata saja, tetapi melibatkan hampir seluruh putra dan putri asuhan YRPM juga ikut andil bermain peran dalam cerita ini.

"Hal ini yang membuat lebih spesial dan menarik perhatian para peserta Teman Orsos dan pengurus kegiatan karena semangat dan kepintaran mereka dalam bermain peran dan menari," kata Anggraeni.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Teman Orsos lestarikan cerita rakyat setelah sukses "Cindelaras"
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024