Kerja sama pendidikan Indonesia-Australia sangat penting

id Indonesia Australia,Kedutaan Australia,universitas australia

Kerja sama pendidikan Indonesia-Australia sangat penting

Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams (kedua kiri) berfoto bersama personel band pop indie Australia dalam festival musik penyambutan para alumni beasiswa Australia di Jakarta, Sabtu (14/10/2023). (ANTARA/Shofi Ayudiana)

Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams menekankan pentingnya kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Australia dalam upaya meningkatkan hubungan kedua negara.

"Sebab aspek terpenting di dunia ini adalah memiliki pemahaman antarwarga negara, dan pendidikan itu memberikan kesempatan untuk memahami budaya dan bahasa orang lain. Oleh sebab itu, ada banyak beasiswa Australia untuk warga negara Indonesia," kata Williams di Jakarta, Sabtu. 

Kedutaan Besar Australia di Jakarta tahun ini memperingati 70 tahun beasiswa Australia.

Dalam rangka menyambut alumni universitas-universitas  Australia, mereka menggelar festival musik di Jakarta pada Sabtu untuk menjalin hubungan berkelanjutan antara alumni dan pemerintah Australia. 

Menurut data Kedutaan Australia, Australia adalah salah satu tujuan studi luar negeri terpopuler bagi pelajar Indonesia, dengan sekitar 20.000 orang mendaftar setiap tahun. 

Australia memiliki lebih dari 200.000 alumnus di Indonesia, termasuk kalangan pejabat senior pemerintahan dan pengusaha.

Sejumlah kampus Australia juga  menjalin kerja sama pendidikan dengan Indonesia, salah satunya dengan membuka "cabang" mereka di Indonesia.

Setelah Monash University yang membuka kampus di Tangerang, Banten, sejak dua tahun lalu,  tiga universitas Australia lainnya segera membuka kampus di Indonesia.

Ketiga kampus itu adalah Western Sydney University di Surabaya, Deakin University di Bandung, dan Central Queensland University di Balikpapan, Kalimantan Timur. 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dubes pandang penting kerja sama pendidikan Indonesia-Australia
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024