Empat sekolah diminta tekan emisi melalui bangunan ramah lingkungan

id bangunan sekolah hijau, greenship net zero, empat sekolah di Jakarta

Empat sekolah diminta tekan emisi melalui bangunan ramah lingkungan

Bangunan gedung sekolah SDN Ragunan 08 di Jakarta, Rabu (27/9/2022). ANTARA/ Yoanita HD

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meminta empat sekolah negeri untuk ikut serta program penanggulangan emisi di Ibu Kota lewat pendekatan bangunan ramah lingkungan (greenship net zero building).

Keempat sekolah negeri itu SMAN 96 di Jakarta Barat, SDN Duren Sawit 14 di Jakarta Timur, dan SDN 09 Grogol Selatan, serta SDN Ragunan 08 dan 09 Jakarta Selatan.

"Pembangunan gedung-gedung ramah lingkungan menjadi bagian penting dari upaya memperbaiki kualitas udara di Jakarta," sebut situs resmi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta https://rendahemisi.jakarta.go.id/ dikutip di Jakarta, Sabtu

Program pengadaan bangunan sekolah ramah lingkungan ini merupakan kolaborasi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dengan Plus Jakarta, Vital Strategies, dan Bloomberg Philanthropies, .

Proses pengurangan emisi karbon hingga titik terendah (dekarbonisasi), kerap dikaitkan dengan kendaraan bermotor. Namun, bangunan juga memiliki kontribusi yang tak kalah besar, dari konsumsi material yang digunakan untuk membangun, hingga energi yang dihabiskan untuk operasional sehari-hari.

Urgensi memiliki bangunan sekolah berkategori greenship net zero di Jakarta juga untuk melatih generasi muda agar menjadi penghuni bumi yang sadar lingkungan.

Sehingga tanggung jawab untuk merawat lingkungan bisa terus ditanamkan kepada generasi penerus bangsa di masa mendatang.

Di Indonesia, sistem standardisasi bangunan hijau ditangani oleh Green Building Council Indonesia (GBC Indonesia).

Untuk mewujudkan hal itu sejumlah syarat dasar perlu dipenuhi untuk mengkategorikan sebuah bangunan menerapkan pendekatan greenship net zero yaitu: Pertama, adanya sirkulasi udara yang semaksimal mungkin memanfaatkan ventilasi alami. Kedua, tingkat suhu dan kelembapan udara yang mendukung kenyamanan termal manusia.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: DKI minta empat sekolah tekan emisi lewat bangunan ramah lingkungan