Polresta Yogyakarta memusnahkan ribuan knalpot brong jelang Pemilu 2024

id Polresta Yogyakarta,knalpot brong,Pemilu 2024

Polresta Yogyakarta memusnahkan ribuan knalpot brong jelang Pemilu 2024

Kepolisian Resor Kota Yogyakarta memusnahkan ribuan knalpot brong atau yang acap disebut knalpot racing di halaman Balai Kota Yogyakarta, Selasa (17/10/2023) (ANTARA/HO-Polresta Yogyakarta)

Yogyakarta (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Yogyakarta memusnahkan ribuan knalpot brong atau racing untuk menjaga suasana kondusif menjelang Pemilu 2024.

Pemusnahan barang bukti hasil operasi cipta kondisi itu dipimpin oleh Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Saiful Anwar bersama Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo di Halaman Balai Kota Yogyakarta, Selasa.

"Untuk menciptakan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang kondusif, kita harus menghilangkan hal-hal yang berhubungan dengan penyakit masyarakat," kata Singgih.

Selain knalpot brong, dalam kesempatan itu dimusnahkan pula ribuan botol miras oplosan dan ribuan obat berbahaya jenis pil yarindu.

Menurut Singgih, knalpot brong, miras oplosan, dan obat berbahaya merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit masyarakat.

Karena itu, ia mengapresiasi langkah Polresta Yogyakarta dan jajarannya memberantas sumber penyakit masyarakat itu.

Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Saiful Anwar menyebutkan anggotanya telah menyita 2.754 knalpot brong dari April hingga Oktober 2023.

"Sementara itu, jumlah miras oplosan yang kita sita dari Juli hingga sekarang mencapai 3.000 botol, sedangkan untuk obat berbahaya jenis pil yarindu kita sita 10.700 butir," kata dia.

Menyongsong Pemilu 2024, Saiful menegaskan jajarannya terus berupaya menciptakan kamtibmas yang kondusif di Kota Yogyakarta.

"Kami tidak akan pernah berhenti untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat Kota Yogyakarta," kata Saiful.