Sambut musim hujan warga gelar 'ruwat jagat'

id Musim hujan, kekeringan, mata air, sumber air, sunda

Sambut musim hujan warga gelar 'ruwat jagat'

Dedi Mulyadi bersama warga Lembur Pakuan Subang sambut musim hujan dengan 'ruwat jagat'. (ANTARA/HO-Dok Dedi Mulyadi)

Subang (ANTARA) - Ratusan warga Lembur Pakuan, Desa Sukasari, Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, menggelar Ruwat Jagat Mapag Hujan 'Seba Tangkal Muru Cai', untuk menyambut datangnya musim hujan.

Pada kegiatan yang digelar pada Jumat sore itu, ratusan warga konvoi menggunakan motor dan mobil menuju sumber mata air di kaki Gunung Sunda, Desa Sukamandi, Kecamatan Sagalaherang, Subang yang berjarak sekitar dua jam dari Lembur Pakuan.

Warga yang mengikuti gelaran tersebut membawa bendera putih dan berpakaian pangsi ala masyarakat Sunda dipimpin tokoh masyarakat Lembur Pakuan, Dedi Mulyadi.

Seba Tangkal Muru Cai berarti memberikan pohon untuk melestarikan sumber mata air. Seperti namanya, dalam ruwat jagat itu warga membawa pohon untuk ditanam di sekitar sumber mata air.

Dedi membawa pohon berukuran dua meter lebih untuk ditanam di hutan yang berada sekitar mata air.

Ia mengaku sengaja membawa pohon berukuran besar agar menjadi contoh bagi masyarakat yang lain.

"Saya sengaja bawa pohon ukuran besar untuk contoh. Jadi jangan memberi bibit yang kecil-kecil, nanti belum tumbuh sudah mati duluan," katanya.

Selain membawa pohon, Dedi memberikan sepasang domba dan beberapa karung beras kepada warga setempat. Domba tersebut sebagai bentuk syukur karena warga bisa berternak dengan memanfaatkan air yang mengalir dari mata air tersebut.
 
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024