Pemuda Pancasila Kulon Progo gelar aksi bersih sampah di Pantai Trisik

id Pemuda Pancasila,Kulon Progo,Pantai Trisik

Pemuda Pancasila Kulon Progo gelar aksi bersih sampah di Pantai Trisik

Pemuda Pancasila membersihkan sampah di Pantai Trisik. (ANTARA/HO-Dokumen Pemuda Pancasila)

Kulon Progo (ANTARA) - Pemuda Pancasila Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar aksi bersih-bersih sampah di kawasan Laguna Pantai Trisik dalam rangka mendukung sapta pesona pariwisata di wilayah ini.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kulon Progo Dwi Wahyu Prihantoro di Kulon Progo, Minggu, mengatakan kegiatan bersih-bersih sampah di Trisik ini dalam rangka memperingati HUT Ke-64 Pemuda Pancasila.

"Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan Pemuda Pancasila Kulon Progo dalam pembangunan wilayah, salah satunya sektor pariwisata," kata Dwi Wahyu Prihantoro.

Ia berharap dengan kondisi Pantai Trisik yang bersih membuat wisatawan nyaman dan berkunjung kembali. 

Seperti diketahui Pantai Trisik berada di muara Sungai Progo yang berpotensi terjadi penumpukan sampah. Namun demikian, gerakan bersih sampah ini juga sebagai upaya mengajak kepada masyarakat dan wisatawan untuk menjaga kebersihan sampah di objek wisata.

"Kebersihan objek wisata menjadi tanggung jawab kita semua," katanya.

Lebih lanjut, Dwi Wahyu Prihantoro juga mengatakan Pemuda Pancasila melaksanakan tebar 3.000 ekor benih ikan di Sungai Nglinggan di daerah Trisik.

Ikan yang ditebar ikan nilem yang tergolong ikan lokal non-invasif. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan beberapa pelestari lingkungan, termasuk pokwanmas, terkait lokasi dan ikan yang bisa ditebar.

"Kami berharap ikan ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Ketua Desa Wisata Pantai Trisik  Edi mengucapkan terima masih kepada Pemuda Pancasila yang melaksanakan aksi bersih pantai di Trisik.

"Semoga kegiatan bersih pantai menginspirasi dan Trisik semakin nyaman dikunjungi wisatawan," katanya.