Sandiwara Sastra di Indonesia latih imajinasi

id Sandiwara Sastra,Nadiem Makarim

Sandiwara Sastra di Indonesia latih imajinasi

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim (kiri) berbincang dengan Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek Ahmad Mahendra dan tim produksi “Sandiwara Sastra Musim Kedua” di kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (30/10/2023). (ANTARA/Uyu Septiyati Liman)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi program Sandiwara Sastra karena disuguhkan secara kreatif dalam bentuk audio drama sehingga dapat melatih imajinasi pendengar.

"Dengan mengalihwahanakan sastra ke dalam audio, Sandiwara Sastra tidak hanya kreatif, tetapi juga memiliki unsur edukatif," ucap Nadiem pada peluncuran “Sandiwara Sastra Musim Kedua” di kantor Kemendikbudristek, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan karya ini dapat digunakan oleh orang tua atau guru untuk memperkenalkan cerita-cerita rakyat nusantara kepada anak maupun murid. Melalui upaya ini, harap dia, budaya literasi dapat terbentuk dengan baik di kalangan generasi muda Indonesia.

Selain mengedukasi cerita rakyat nusantara, Nadiem juga menilai bahwa sepuluh episode drama audio dalam “Sandiwara Sastra Musim Kedua” dapat melatih daya imajinasi anak.

"Salah satu hal yang kenapa alasan saya suka memainkan audio book buat anak-anak saya adalah karena tanpa adanya visualisasi itu melatih imajinasi jauh lebih baik daripada melihat karya visual," ujarnya.

Namun, ia mengakui bahwa terdapat banyak aspek seni yang akhirnya terbatas dalam program tersebut karena harus disajikan hanya melalui media suara.
 

"Tentunya ada banyak adaptasi yang harus dilakukan. Ini bukan film, ini bukan teater. Ada berbagai macam batas-batas, limitasi-limitasi, yang mungkin harus diadaptasikan (agar karya ini dapat terwujud)," kata Nadiem.

Selain itu, ia menyatakan bahwa penyajian cerita rakyat dalam format drama audio merupakan suatu hal yang inovatif. Oleh karena itu, ia mengapresiasi segenap tim produksi yang terlibat dalam program ini.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendikbudristek apresiasi Sandiwara Sastra karena latih imajinasi

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024