Gerakan Rakyat rilis "Kentongan Perubahan" pasangan AMIN

id Sudirman Said,Kentongan Perubahan,Anies Baswedan,AMIN,Pemilu

Gerakan Rakyat rilis "Kentongan Perubahan" pasangan AMIN

Gerakan rakyat meluncurkan simbol "Kentongan Perubahan" untuk pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jakarta, Jumat (10/11/2023). ANTARA/Fauzi Lamboka

Jakarta (ANTARA) - Sekelompok masyarakat yang peduli dengan keadilan, perubahan, dan perjuangan rakyat bergabung dalam gerakan rakyat meluncurkan simbol "Kentongan Perubahan" untuk pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) di Sekretariat Koalisi Perubahan, Jakarta, Jumat.

"Kami memperkenalkan satu simbol, yakni kentongan perubahan," kata Koordinator Badan Pekerja (Baja) AMIN Sudirman Said.

Sudirman Said menjelaskan bahwa gerakan itu sebagai bentuk kepedulian atas kondisi saat ini, yang cukup memprihatinkan terkait dengan agenda reformasi dan ancaman demokrasi.

Kepedulian itu, kata dia, diwujudkan melalui sebuah simbol kentongan bambu.

Peluncuran simbol itu, lanjut dia, bermakna untuk menggugah kesadaran warga bahwa keadaan sedang tidak baik-baik saja. Pendukung Anies-Muhaimin ingin mengajak, mengundang, dan mendorong perubahan melalui Pemilu 2024.

"Kami ingin menyatakan, mengingatkan, membangunkan, mengundang, sekaligus menyatukan warga untuk menyongsong perubahan itu," ujarnya.

Peluncuran ditandai dengan membunyikan kentongan bambu secara bersama-sama oleh Koordinator Badan Pekerja (Baja) AMIN Sudirman Said, pegiat seni Embi C. Noor, dan para pimpinan sukarelawan Anies-Muhaimin.

Peluncuran gerakan rakyat itu bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan yang diperingati setiap 10 November.



Menurut Sudirman, para pahlawan identik dengan patriotisme, dengan kerelaan berkorban bagi orang banyak. Sementara itu, sukarelawan yang hadir merupakan orang-orang yang mau berkorban dengan sumber dayanya sendiri, menghimpun kolega, dan berkumpul dalam satu gerakan rakyat.

"Bagi saya merupakan bentuk kepahlawanan yang baru," ujarnya.

Sudirman berpendapat bahwa patriotisme yang baru adalah mengembalikan demokrasi menjadi lebih sehat, membangun penegakan hukum, dan mendorong keadilan. Selain itu, politik harus menjadi ladang pengabdian, tempat pejuang-pejuang, patriot-patriot baru bekerja untuk melahirkan pekerjaan.

Ia berharap agar gerakan rakyat kentongan perubahan atau Kentongan 57 dapat membangun rasa bersatu dan berani dalam solidaritas perjuangan.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gerakan Rayat luncurkan "Kentongan Perubahan" untuk pasangan AMIN