Bawaslu agar jalankan tugas pengawasan dengan baik, pinta Wapres

id Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Bawaslu agar jalankan tugas pengawasan dengan baik, pinta Wapres

Tangkapan layar Wakil Presiden Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin (20/11/2023). ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menjalankan tugas pengawasan pemilu dengan baik dan memproses setiap aduan pemilu yang masuk.

Hal itu disampaikan Wapres menyusul adanya kabar penjabat kepala daerah dan kepala desa yang menyatakan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden tertentu.

"Saya minta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menjalankan tugasnya dengan baik," kata Wapres dalam keterangan pers kepada wartawan di Istana Wakil Presiden Jakarta, Senin.

Wapres menyampaikan berdasarkan aturan sudah jelas bahwa TNI/Polri dan aparatur sipil negara (ASN) harus netral. Presiden Joko Widodo, kata Wapres, sudah memerintahkan para penjabat (Pj) kepala daerah untuk netral.

"Jadi saya kira dari tata aturan dan sebagainya itu sudah (jelas)," kata dia.

Oleh karena itu, dia meminta Bawaslu selaku pengawas di lapangan untuk melakukan pengawasan dengan ketat.



"Nah di lapangan ini saya kira yang perlu itu pengawasannya dari Bawaslu ya, untuk terus melakukan pengawasan yang ketat dan menerima aduan-aduan laporan yang disampaikan untuk diproses," ujarnya.

Wapres mengajak masyarakat untuk ikut menjadi pengawas dan melaporkan manakala menemukan dugaan pelanggaran pemilu.

"Kalau badan pengawasnya itu tidak berani mengambil langkah, ya tentu ini saya kira tidak efektif itu pengawasannya," jelasnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres minta Bawaslu jalankan tugas pengawasan dengan baik
Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024