Cacar monyet tak jangkiti anak-anak di Indonesia

id Cacar monyet,mpox,penularan cacar monyet,risiko mpox anak,penyakit menular

Cacar monyet tak jangkiti anak-anak di Indonesia

Ilustrasi - Dua petugas kesehatan menyosialisasikan tentang penyakit cacar monyet kepada masyarakat di Puskesmas Kedaung, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/11/2023). ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/tom.

Jakarta (ANTARA) - Ahli Infeksi dan Penyakit Tropis Pada Anak RSUD Jayapura Dokter Irma Rezky Ratu memastikan bahwa hingga saat ini infeksi cacar monyet (Mpox) tidak terdeteksi pada anak-anak di Indonesia.

"Dari total 59 kasus di Indonesia, Mpox hanya ditemukan pada orang dewasa laki-laki dan tidak ditemukan pada anak-anak," kata Irma dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut dia menegaskan sementara ini belum ada bukti yang menunjukkan adanya kasus Mpox pada anak-anak.

Namun, secara teoritis anak-anak juga berpotensi terpapar virus tersebut dari orang dewasa laki-laki yang aktif secara seksual sesama jenis dan terinfeksi.

Pasalnya, penularan Mpox tidak hanya terjadi lewat kontak seksual, tetapi juga dapat menyebar melalui droplet serta kontaminasi dari permukaan benda yang terinfeksi.

"Anak-anak dapat terinfeksi melalui transmisi dari manusia ke manusia, bahkan tanpa adanya kontak seksual yang terjadi," ujar Irma.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ahli pastikan Mpox tidak terdeteksi pada anak-anak di Indonesia

Pewarta :
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2024