Diskominfo Gunungkidul memberikan layanan CCTV 67 titik bagi wisatawan

id Gunungkidul,CCTV

Diskominfo Gunungkidul memberikan layanan CCTV 67 titik bagi wisatawan

Pantauan CCTV situasi terbaru di objek wisata dan jalur utama di Gunungkidul. (ANTARA/Sutarmi)

Gunungkidul (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memberikan pelayanan akses 67 titik televisi sirkuit tertutup bagi wisatawan yang ingin mengetahui kondisi lalu lintas hingga objek wisata, sehingga tidak terjadi kemacetan saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul Setiyo Hartato di Gunungkidul, Selasa, mengatakan sampai saat ini, ada 67 lokasi yang sudah dipasang televisi sirkuit tertutup (CCTV) area publik termasuk ruas jalan hingga objek wisata di Gunungkidul.

"Masyarakat umum, termasuk wisatawan bisa melihat kondisi lalu lintas sebelum berangkat menuju kawasan wisata," kata Setiyo Hartato.

Ia mengatakan pantauan CCTV di 67 lokasi/titik ini bisa diakses secara luas oleh masyarakat melalui kanal youtube kominfo Gunungkidul.

Ia mengatakan CCTV yang di pasang di jalur wisata utama pantai dan lokasi wisata, yakni jalur wisata dari kawasan Patuk, sampai ke pintu masuk kawasan pantai. Kemudian, CCTV dipasang di kawasan pantai seperti Baron, dan Kukup.

Tidak hanya wilayah barat, namun juga wilayah jalur timur mulai Semin, Karangmojo, hingga Kota Wonosari bisa terpantau CCTV.

"Ke depan, lokasi pemasangan CCTV terus ditambah. Selain sebagai informasi kepada warga, juga untuk mendukung upaya pemerintah mengembangkan pariwisata," kata Setiyo.

Sebelumnya, Kepala Dispar Gunungkidul Oneng Windu mengatakan pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan selama Natal dan tahun baru sebanyak 139.935 pengunjung. "Kami optimistis target ini akan terealisasi," katanya.

Ia mengatakan objek wisata pantai masih mendominasi kunjungan wisatawan yang ke Gunungkidul. Selain banyak pilihan, objek wisata sangat indah dengan pasir putih yang membentang. "Kami berupaya membenahi pelayanan saat libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024," katanya.